"Makhluk Tinggi Besar Bergelantungan di Pintu Air Jagir"


Pintu air Jagir Surabaya.

jatimnow.com - Bagi warga Surabaya siapa yang tak tahu dengan Pintu Air Jagir. Terletak di Jalan Jagir Wonokromo Surabaya, bangunan peninggalan zaman Belanda ini berfungsi untuk mengatur debit air dan mengantisipasi banjir.

Dibalik bangunannya yang kokoh tersebut, Pintu Air Jagir ternyata memiliki sebuah misteri yang cukup membuat merinding bagi masyarakat sekitar.

Beberapa cerita kejadian mistis dipercaya oleh masyarakat di sekitar pintu air.

Pano (55), Salah satu penjual alat pancing yang tiap hari berjualan dan biasa tidur di dekat Pintu Air Jagir selama 20 tahun, menceritakan bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang cukup angker.

"Pernah waktu itu kalau nggak salah sekitar jam 9 pagi ada orang yang mau benerin lampu penerangan di atas pintu dia di melihat sosok orang besar menggantung pegangan di rantai yang ada di pintu air ini," kata Pano saat ditemui jatimnow.com, Minggu (15/4/2018).

Tidak ada yang tahu sosok makhluk apa yang sering menampakkan diri tersebut.

Berdasar keterangan Pano, makhluk tersebut berbadan besar dan badannya dipenuhi bulu. Serta memiliki mata berwarna merah.

"Kata orang-orang sih Gondoruwo, tapi saya ndak tahu lagi. Pokoknya sering banget kelihatan," bebernya.

Pano mengatakan bahwa bagi para pemancing yang biasa mencari ikan di sekitar pintu air, sudah hafal dengan cerita-cerita mistis disana.

Pano sendiri pernah melihat seseorang yang  datang memarkirkan motornya kemudian tiba-tiba meloncat ke sungai persis didepan aliran di Pintu Air tersebut.

"Ada juga yang datang parkir motor saya kira cuma melihat air tapi tiba tiba dia meloncat ke sungai, helmnya juga masih dipakai, setengah jam kemudian dompet dan helmnya muncul di permukaan tapi orangnya hilang," imbuhnya.

Pano juga menambahkan, sosok yang biasa menghantui orang-orang di Pintu Air ini biasanya pendatang baru, atau orang yang tidak meminta izin dulu saat melewati kawasan tersebut.

"Biasanya yang pernah diliatin itu, orang-orang pendatang baru yang penasaran, terus orang yang kurang sopan. Kan disini tempatnya terkenal angker, yang paling sering itu di atas nampaknya, serba putih-putih sosok yang keluar menampakkan diri itu," tutup Pano.

Dipercaya atau tidak, namun sebagian masyarakat, terutama yang beraktivitas di sekitar pintu air tersebut memilih untuk mempercayai.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter