Latih Penalaran Siswa, USBN SD 2018 Disediakan Soal Esai


Siswa SD Blitar saat USBN

jatimnow.com - Sebanyak 2.968 siswa SD di Kota Blitar mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mulai hari ini, Kamis (3/05/2018).

Ujian kali ini akan digelar selama tiga hari, karena mata pelajaran yang diujikan ada tiga macam, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

“Masing-masing pelajaran, para siswa diberi batas waktu pengerjaan selama 120 menit,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar Dindin Alinurdin saat memantau ujian.

Dindin menjelaskan, 2.968 siswa yang mengikuti USBN tingkat SD itu terdiri dari 70 lembaga pendidikan, yaitu 48 SD Negeri, 14 SD Swasta, serta delapan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Menurut dia, soal pada naskah USBN yang akan dikerjakan siswa tahun ini berbeda konsep dibandingkan tahun 2017 lalu. Tahun ini, para siswa akan mengerjakan naskah soal dengan jawaban berbentuk uraian atau esai.

"Di mata pelajaran Bahasa Indonesia ini, ada 40 soal pilihan ganda dan lima soal uraian atau esai. Tahun lalu hanya pilihan ganda saja," kata dia.

Ia menjelaskan, penggunaan sistem uraian pada lembar jawaban komputer dilakukan untuk meningkatkan penalaran anak didik pada suatu masalah yang diujikan.

"Soal esai itu untuk melatih penalaran anak didik ya, atau ada istilah namanya untuk Hot Higher Order Thinking. Dan itu nanti berbeda antara satu siswa dengan yang lainnya," ujarnya.

Didin menambahkan, pantauan USBN tingkat SD hingga saat ini masih lancar dan dipastikan tidak ada masalah.

Namun, ia memastikan akan terus memonitoring dan memantau ujian itu hingga akhir, sehingga diharapkan USBN tingkat SD dari awal hingga akhir tidak ada pelanggaran apapun.

 

Reporter: CF Glorian

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter