Mendag Terkejut Temukan Bawang Impor di Pasar Tradisional Banyuwangi


Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat sidak di Pasar Rogojampi.

jatimnow.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita terkejut saat melakukan sidak ke Pasar Rogojampi Banyuwangi. Sebab, ia menemukan beberapa pedagang yang menjual bawang bombai impor.

Padahal, dalam beberapa bulan terakhir pihaknya tidak membuka kran impor untuk bahan dapur seperti bawang bombai ini.

"Saya heran kok bisa masuk ke pasar ini. Saya tidak pernah memberikan izin satu siungpun itu untuk impor," papar Enggar di pasar tradisional Rogojampi, Kamis (10/5/2018).

Padahal beberapa waktu yang lalu, sebut Enggar, Bareskrim Mabes Polri telah melakukan penggerebekan dan penyegelan terhadap komoditas tersebut.

Untuk itu pihaknya berjanji akan melakukan penelusuran melalui staf kementriannya hingga ditingkat kabupaten. "Kalau tidak ada ijinnya ya sudah pasti itu ilegal," ujarnya.

Sementara itu, dari penelusuran jatimnow.com di Pasar Tradisional Rogojampi terdapat 7 orang pedagang yang mengaku telah menjual bawang bombai sejak lama.

Dari beberapa penjual mengaku, per kilogram bawang bombai dijual dikisaran harga Rp 20 hingga Rp 25 ribu per kilonya.

"Sudah lama saya jual ini (bawang bombai, red). Sejak awal tahun saya biasa kulakan langsung ke Pasar Genteng," papar Poniyah (43).

Pedagang bawang bombai lainnya, Sutiatik (53) mengatakan, alasan yang membuatnya menjual bawang bombai tersebut atas permintaan para pelanggannya.

"Perkilonya saya jual Rp 25 ribu bawang bombai ini. Kalau ada yang minta ya saya cari," katanya.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Erwin Yohanes

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter