Pelindo III Sukses Terbitkan Obligasi Global Tanpa Roadshow


Aktifitas bongkar muat kapal di Terminal Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

jatimnow.com - PT Pelindo III sukses menerbitkan obligasi global (surat utang negara) sebesar 500 juta dolar Amerika Serikat. Besaran kupon yang dipatok untuk obligasi tersebut adalah 4,5 persen dengan tenor 5 tahun yang akan jatuh tempo pada 2 Mei 2023 mendatang. 

Obligasi yang tercatat di Bursa Efek Singapura itu, bahkan diraih tanpa melakukan "roadshow" untuk meyakinkan investor.

Menariknya, Pelindo III tercatat menjadi BUMN di Indonesia pertama yang mampu mengeksekusi obligasi global tersebut hanya dalam waktu sehari setelah melakukan penetrasi pasar pada 29 April lalu.

Ari Askhara, CEO PT Pelindo III mengatakan, proses pemesanan surat utang itu mengalami kelebihan permintaan sebanyak hampir dua kali.

"Distribusi surat utang yang diterbitkan berhasil menarik minat secara global dengan total 68 akun yang berpartisipasi," kata Ari, Jumat (11/5/2018).

Secara geografis, alokasi surat utang itu didistribusikan sebesar 71 persen ke Amerika Serikat, 14 persen ke Asia dan 15 persen ke Eropa dengan tipe investor 75 persen adalah 'fund manager', 8 pesern bank, dan 17 persen asuransi serta dana pensiun.

Dengan Obligasi Global itu, Pelindo III akan mengelolanya untuk membiayai pembelanjaan modal perusahaan yang diperkirakan mencapai Rp 7,25 triliun.

"Kami (Pelindo III) juga akan melakukan "refinancing" utang senilai Rp 4,39 triliun dan sejumlah aksi korporasi lainnya, seperti rencana pembelian saham perusahaan swasta," papar Ari.

Sedangkan Alokasi untuk belanja modal itu, bakal diperuntukkan bagi sejumlah program strategis, seperti revitalisasi alur dan beautifikasi fasilitas Pelabuhan Benoa, Bali.

Selain itu, juga pembangunan Terminal Cruise dan Petikemas di Gilimas, Lombok, serta pembangunan flyover dan tapper Jalur Lingkar Luar Barat Terminal Teluk Lamong Surabaya.

 

Reporter: Narendra Bakrie

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter