Hendak Dikirim ke Luar Negeri, Bibit Lobster ini Disimpan di Jok Mobil


Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman menunjukkan bibit lobster yang disita.

jatimnow.com – Polres Banyuwangi mengamankan sebanyak 9 ribu bibit lobster atau benur yang setara dengan uang Rp 1 miliar. Bibit itu di sembunyikan di dalam jok mobil untuk dikirimkan ke luar negeri.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengatakan dalam kasus ini polisi menangkap dua pelaku yang mencoba mengelabuhi petugas saat melintas di kawasan Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari.

Dua pelaku yang saat ini sudah ditahan itu adalah Heri Herwanto dan Witono warga Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Berdasarkan pengakuannya, mereka akan membawa benih benur tersebut menuju rest area tol sebagai titik pertemuan yang kemudian akan dibawa ke Bandara Juanda Surabaya untuk dikirimkan ke luar negeri.

"Bibit benur yang senilai Rp 1 miliar lebih itu disembunyikan di dalam jok mobil. Di bungkus plastik, dan diletakkan di sela-sela jok mobil dan ditutup dengan sterofoam," terang Kapolres saat jumpa pers di Mapolres Banyuwangi, Senin (14/5/2018).

Penangkapan terhadap kedua pelaku tersebut, kata AKBP Donny, setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang ditindak lanjutinya dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan.

“Kita temukan ada benur atau baby lobster sejumlah kurang lebih 9.800-an ekor yang akan dibawa ke rest area tol arah Surabaya untuk dikirimkan ke luar negeri,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, ribuan benih benur ini akan diserahkan langsung kepada Balai Karantina Hewan Ketapang untuk dilepas liarkan di perairan Selat Bali.

Sedangkan kedua pelaku akan dijerat dengan undang-undang tentang perikanan dan kelautan dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara dan atau denda sebesar Rp 1,5 miliar.

 

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter