Menkumham Sayangkan Kebijakan Penolakan Visa WNI oleh Israel


Mekumham Yasona Laoly./Foto: Fahrizal Tito.

jatimnow.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly belum mengetahui alasan penolakan visa WNI oleh Israel mulai 9 Juni mendatang.

Yang pasti terkait hal tersebut, pemerintah Indonesia menyayangkan penolakan yang menjadi hak dan kewenangan pemerintah Israel itu.

"Bahwa kami menolak sejumlah visa warga Israel, iya.  Tapi alasannya biar kami yang mengetahui, karena hal ini bukan untuk diketahui publik. Tapi kami menyayangkan kebijakan retaliasi Israel," ujar Yasonna Hamonangan Laoly disela-sela berbagi kasih dengan anak-anak yatim-piatu di Wyndam Hotel Surabaya, Minggu (3/6/2018).

Meski demikian, kebijakan retaliasi atau pembalasan atas penolakan sejumlah visa warga Israel oleh Pemerintah Indonesia itu, menurut Menkumham tetap menjadi hak dan kewenangan pemerintah Israel.

Alasan yang sangat disayangkan Indonesia terhadap kebijakan Israel, karena di tempat tersebut terdapat dua situs jujugan untuk melakukan ibadah dan bagi seluruh umat beragama termasuk dari masyarakat Indonesia.

"Kita sayangkan karena disana ada Masjid Al-Aqsa yang sangat penting bagi umat Islam dan makam Yesus di Yerussalem bagi umat Kristiani," terangnya.

Yasonna menambahkan, terkait solusi kebijakan itu masih dalam pembicaraan lintas kementerian Menteri luar negeri (Menlu) dan Kemenkumham beserta Badan Intelijen Negara (BIN) serta Dirjen Imigrasi.

"Kami memang tidak memiliki hubungan diplomatik, namun urusan wisata religi di Israel turis Indonesia memiliki visa khusus. Tapi untuk win-win solution kebijakan ini masih menjadi pembicaraan kami," tambahnya.

Reporter: Fahrizal Tito

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter