Perjalanan Banyuwangi dari Kota Terkotor hingga Meraih Adipura 5 Kali


Bupati Anas saat bertemu dengan para petugas kebersihan/istimewa

jatimnow.com – Berbagai elemen masyarakat diundang secara bergiliran oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas lewat Safari Ramadhan. Salah satunya adalah ratusan petugas kebersihan kota dan para juru parkir. 

Bupati Anas sangat menghargai kerja para petugas ini yang merupakan profesi kunci dari kebersihan suatu kota. Sehingga, Anas merasa perlu bertemu mereka minimal dua kali dalam satu tahun. 

“Banyuwangi dulu kota terkotor di Jawa Timur, hingga sekarang bisa meraih adipura sampai lima kali berturut-turut  tidak lepas dari peran petugas kebersihan yang menjaga kebersihan kota. Saya atas nama pemerintah daerah sangat berterima aksih atas jasa dan kerja keras yang diberikan pada Banyuwangi,” kata Bupati Anas saat menggelar buka bersama dengan petugas kebersihan dan juru parkir, Rabu (6/6/2018) di Pendopo Banyuwangi. 

Bupati Anas melanjutkan, saat ini Banyuwangi telah menjadi daerah yang berbeda dari sebelumnya. Kota ini semakin ramai dikunjungi oleh banyak orang. Anas pun meminta agar para petugas kebersihan terus semangat melakukan pekerjaannya dalam memelihara kebersihan kota.

“Banyuwangi semakin ramai dikunjungi wisatawan, jadi kita harus terus memastikan kalau kota kita bersih agar nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. Khusus kepada petugas juru parkir tetap semangat ya bapak-bapak, jangan lupa tersenyum saat bertugas,” pinta Anas.

Suasana Pendopo Kabupaten pun terasa semarak saat itu. Sebanyak 513 petugas kebersihan yang terdiri atas pesapon (tukang sapu-red), petugas sampah, hingga juru parkir berkumpul di dalam Pendopo mendengarkan ceramah agama. Anas oun menyempatkan berdialog langsung untuk mendengar unek-unek mereka.

Begitu masuk waktu berbuka, setelah membaca doa, Bupati Anas dan para petugas kebersihan langsung menikmati takjil yang telah disediakan dan menyantap menu nasi kotak bersama-sama.

Pemkab Banyuwangi selama ini telah berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada tenaga kebersihan daerah. Untuk menjamin keselamatan mereka saat bekerja, pemkab memberikan asuransi kesehatan bagi mereka. Pemkab juga memberikan umroh gratis setiap tahun pada dua orang tenaga kebersihan tiap tahun.

Sementara itu salah satu pesapon bernama  Bandi (45)  sangat senang bisa ikut buka bersama Bupati di Pendopo Kabupaten. Sudah selama tiga tahun berturut turut dia tidak pernah melewatkan momen ini.

“Saya senang bisa berbuka puasa bersama Pak Bupati, sekalian bisa silaturahim dengan semua teman-teman kebersihan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Anas juga berbagi kebahagiaan dengan menyerahkan sembako dan uang tunai secara simbolis kepada lima orang perwakilan pesapon.

 

Penulis/editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter