Tangkal Radikalisme, Menristekdikti: Mahasiswa Harus Setor Akun Medsos


Menristekdikti Muhammad Nasir saat mengunjungi Madiun

jatimnow.com - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir akan melakukan langkah pengurangan penyebaran radikalisme di kampus.

Saat kunjungannya di PT INKA Madiun, Nasir mengatakan, pihaknya akan membidik membidik mahasiswa baru (Maba) pada setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

"Mereka (Maba,red), wajib menyetorkan akun media sosial miliknya," terang Nasir sesaat setelah kunjungan di PT INKA.

Setelahnya, lanjut ia, dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan melakukan pemantauan. Jika sudah terpapar radikalisme sejak SMA bisa dipantau dari media sosialnya.

"Kita akan pantau diawal. Pun saat masuk ke perguruan tinggi. Akun media sosial maupun pribadinya akan dipelototi satu per satu. Setelahnya jika terbukti teracuni radikalisme kita lakukan pendampingan," katanya.

Hal tersebut, menurut Nasir, sama sekali tidak bermaksud untuk membelenggu kebebasan berpikir mahasiswa di kampus.

"Pemerintah juga tidak melarang mahasiswa mempelajari buku dan berdiskusi tentang komunitas. Dengan catatan selama hal tersebut dipelajari dalam kajian akademis," ujarnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter