Menhub Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya


Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya./Foto: Narendra Bakrie

jatimnow.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Selain meninjau kapal penumpang, Budi juga berkomunikasi dengan sejumlah pemudik.

"Secara umum, Pemprov Jawa Timur dan stakeholder yang ada sudah mempersiapkan (mudik-balik lebaran) dengan baik," kata Budi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (9/6/2018).

Namun, lanjut Budi, mengenai kapal dari Surabaya ke Masalembu dan beberapa tempat lain memang tahun lalu terdapat masalah. "Tahun ini saya ingin dan harus tidak ada masalah," tegasnya.

Kendati begitu, Budi sudah meminta kepada Syahbandar, nahkoda agar tertib dan tidak melampuai batas kapasitas. Oleh karena itu, pihaknya sudah menyiapkan beberapa kapal cadangan. Diantaranya 2 kapal latih, 1 kapal navigasi dan 2 kapal patroli.

"Kita siapkan kapal-kapal ini untuk memantau dan menolong. Mereka standby sehingga langsung bisa bergerak sewaktu-waktu," beber Budi.

Di Pelabuhan Tanjung Perak, Budi juga meninjau langsung kapal yang diperbantukan untuk angkutan lebaran ke pulau Madura. Baik ke Masalembu maupun ke Kalianget. Budi juga terlihat berbincang ke beberapa pemudik gratis yang menggunakan kapal tersebut.

Dua kapal yang dicek oleh Menhub yaitu Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 56 dan Kapal Latih Bung Tomo serta satu Kapal Navigasi. Selain itu, Menhub meninjau terminal penumpang kapal. Menhub juga menyapa penumpang agar membawa membawa bekal makanan yang cukup.

Untuk cuaca, Budi menegaskan tidak ada masalah hingga saat ini. "Dari ramalan cuaca, belum ada kendala sampai saat ini," tandasnya.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter