Engklek Geometri, Media Baru Belajar Matematika yang Menyenangkan


Tiga mahasiswa sedang mendemokan sistem pembelajaran temuannya kepada siswa SMP

jatimnow.com - Tiga mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya membuat media pembelajaran baru bernama Engklek Geomitri. Media yang memodifikasi sistem pembelajaran Matematika ini dapat menjadikan belajar matematika dengan senang.

Tiga mahasiswa itu adalah Indah Kurnia (semester 8), Nur Isnaini Utami (semester 8), dan Lelly Oktafiana (semester 6). Sebagian besar, aturan permainannya hampir sama dengan permainan engklek pada umumnya. Hanya saja, cara kepemilikan petak pada engklek geometri, peserta harus bisa menjawab soal.

"Perbedaaan lain antar engklek geometri dengan engklek secara umum adalah bentuk petak, gaco, dan adanya kartu soal. Pelajaran geometri yang kami ambil tentang materi segi empat. Jadi bentuk petaknya berupa persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang. Di puncaknya ada setengah lingkaran," kata Indah, saat ditemui di kampusnya, Minggu (10/6/2018).

Indah menuturkan media pembelajaran yang diciptakan selama tiga Minggu itu sudah diujicoba kepada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Mayoritas para siswa mengaku sangat senang dengan media pembelajaran engklek geometri itu.

"Saya ujicobakan selama tiga minggu. Kami berharap, dengan media pembelajaran engklek geometri, pembelajaran matematika jadi menyenangkan," katanya.

Salah satu siswa SMP Muhammadiyah 10 Surabaya, Saiful Rachman Aditya Putra mengatakan, engklek geometri membuat pembelajaran matematika jadi menyenangkan.

"Tidak sulit dan mudah menghitung rumus geometri," pungkasnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter