Bupati Anas Ingin Renovasi Pasar yang Terbakar Seperti di Thailand


Bupati Anas saat meninjau pasar yang kebakaran/Foto: Hafiluddin Ahmad

jatimnow.com – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas langsung meninjau lokasi pasar tradisional di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi yang mengalami kebakaran.

Ia melihat sisa-sisa bangunan pasar yang nampak berceceran di bagian tengah pasar atau lapak bagian pakaian.

Saat kunjungan itu, Anas didampingi Kepala Disperindag Ketut Kencana dan Kapala Dinas PU-CKPR Mujiono, serta jajaran instansi terkait.

Baca juga: Pasar di Banyuwangi Terbakar, Api Melalap Lapak Pakaian

Pada kesempatan itu, Bupati Anas mengatakan, nantinya lokasi lapak pakaian tersebut akan dijadikan rest area dan lokasi lapak pakaian akan dipindahkan di belakang pasar.

Harapannya, ke depan pasar tersebut menjadi transit pasar wisata, sehingga pasar ini bisa menjadi pasar percontohan bagi pasar lainnya.

"Saya ingin kalau sudah pindah ke sana, ini menjadi pasar percontohan sekaligus ini bisa menjadi pasar transit wisata. Kalau rapi kan bagus kayak di Thailand," kata Anas usai berkeliling melihat kondisi pasar setelah dilalap api, Selasa (12/6/2018).

Bupati Anas juga berharap, setelah direnovasi nantinya pasar Desa Benculuk dapat melayani pelanggan selama 24 jam. Sedangkan untuk nasib para pemilik lapak, nantinya akan dilakukan pendataan setelah lebaran.

"Nanti di sini (lapak bekas kebakaran) akan menjadi rest area. Kalau ini jadi rest area yang bersih, nanti orang yang datang enak," papar Anas.

Baca juga: Pasar di Banyuwangi Terbakar, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 200 Juta

Diberitakan sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar tradisional Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Senin (11/6/2018) malam.

Api membakar blok tengah, yang merupakan lapak pedagang pakaian. Kejadian itu mengagetkan warga yang sedang melaksanakan salat tarawih.

Berdasar keterangan warga sekitar, api mulai terlihat sekitar pukul 18.30 Wib, hingga satu jam kemudian, api masih terus berkobar.

Sembari menunggu mobil pemadam kebakaran datang, warga berupaya untuk melokalisir api yang menjalar. Kerugian akibat kebarakan itu ditaksir mencapai Rp 200 juta.

 

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter