Polisi Berikan Penghargaan Siskamling Terbaik di Sidoarjo


Kapolresta Sidoarjo usai memberikan penghargaan siskamling terbaik.

jatimnow.com - Penerapan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo dinobatkan sebagai Siskamling terbaik oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Bayu Aji Himawan, saat perayaan HUT Bhayangkara ke 72 di Mapolresta Sidoarjo, Rabu (11/7/2018).

Penghargaan tersebut diraih karena ketertiban lingkungan dan bentuk kepedulian dan kekompakan para warga yang melekat membentuk sinergitas, memposisikan diri sendiri sebagai polisi untuk saling menjaga lingkungan.

Ketua RT 23 Kelurahan Sekardangan Edi Priyanto mengatakan, warga sepenuhnya menyadari bahwa keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

Bentuk kepedulian tersebut menyebabkan sinergitas para warga dalam melaksanakan pengawasan dilingkungannya.

“Kegiatan ronda siskamling kami galakkan, bukan sekedar jaga namun dijadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi antarwarga. Sehingga hubungan semakin erat. Kegiatan ini juga sangat efektif untuk mendeteksi adanya terorisme maupun pencegahan terhadap tindak kriminal dan peredaran narkoba”, ujar Edi usai pemberian penghargaan.

Edi menjelaskan, selain kegiatan ronda dan jaga siskamling warga, ia juga menggalakkan program bernama jimpitan receh.

"Uang receh setiap rumah dikumpulkan dalam sebuah toples yang telah kami sediakan, uang receh tersebut diambil setiap Jumat malam oleh warga yang melakukan tugas jaga Siskamling," ujar Edi kepada jatimnow.com.

Tak cukup itu saja, Edi juga mengatakan di era modern ini para anak-anak dilingkungannya tetap harus menjunjung tinggi dan melestarikan kebudayaan. Mereka diarahkan pada kegiatan permainan tradisional, remaja karang taruna diisi dengan kegiatan yang positif.

"Seperti engklek, gobak sodor, boi-boian, ular tangga, mini sepakbola dan bulutangkis, untuk mengurangi ketergantungan pada gadget dan televisi. Kegiatan positifnya dengan secara rutin dilakukan olahraga seperti basket, tenis meja serta olahraga beladiri seperti, karate dan taekwondo," terang Edi.

Adapun daftar pemenang lomba Siskamling dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-72 Tahun 2018 berurutan dari Juara I Kelurahan Sekardangan RT.23 RW.07 Kecamatan Sidoarjo, Juara II Desa Balongbendo RT.6 RW.02, Kecamatan Balongbendo, Juara III Desa Rejeni RT.02 RW.01, Kecamatan Krembung dan Juara Harapan yaitu Perum Merpati Kehutanan RT.29 RW.11, Desa Pabean, Kecamatan Sedati.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter