Hadapi Cuaca di Banyuwangi, Warga Songgon Diimbau Waspada


Kapolsek Songgon AKP Bakin saat bersama perwakilan PVMBG dan Kades Sumberarum/ foto: dok. Polsek Songgon

jatimnow.com - Pascabanjir bandang yang menerjang 415 rumah di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. Intensitas curah hujan di daerah hulu, tepatnya di sekitar Kecamatan Songgon (daerah hulu) sempat meninggi dalam dua hari terakhir.

Oleh karena itu, Kapolsek Songgon, AKP Bakin mengimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di kawasan hilir, Desa Alasmalang, untuk lebih mewaspadai adanya banjir susulan.

Ia juga menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk lebih arif dan bijaksana dalam menyampaikan informasi terkait perkembangan curah hujan yang tinggi. Khususnya di wilayah lereng Gunung Raung, termasuk di dataran tinggi di wilayah Songgon.

Seperti kejadian semalam, Rabu (11/7/2018), terkait adanya peningkatan debit air di daerah hilir sungai kali Badeng atau di kawasan Desa Alasmalang.

"Tadi malam, banyak warga masyarakat yang bertanya-tanya. Bahkan juga ada warga yang sudah menyebarkan info (perkembangan cuaca dan peningkatan aliran sungai) secara berlebihan, sehingga dapat menimbulkan keresahan warga," kata Bakin saat dikonfirmasi, Kamis (12/7/2018).

Bakin berharap, terkait perkembangan cuaca di wilayahnya yang dikategorikan kawasan yang bercuaca ekstrim, dapat menyampaikan informasi cuaca sejak dini. Baik dari BMKG atau BPBD Kabupaten yang berkompeten.

“Tujuannya, supaya informasi yang diterima oleh masyarakat akurat dan lebih dapat dipertanggung jawabkan,” harapnya.

Beberapa waktu yang lalu, kata AKP Bakin, kepolisian dan pihak Desa Sumberarum mengusulkan pemasangan CCTV di sekitar aliran sungai Badeng. Namun, hingga kini tak kunjung dilakukan.

"Gunanya memberikan Informasi awal adanya curah hujan yang mungkin bisa berdampak luapan air sungai baik yang berakibat banjir lumpur atau lainnya," terangnya.

Dari informasi yang didapatkan pihak kepolisian, debit air sungai di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh sempat ada peningkatan.

Namun pagi hari hingga siang ini, lanjut Bakin, aliran sungai Badeng terpantau normal dan jernih.

"Aliran sungai badeng masih normal walaupun semalem cuaca hujan," tandasnya.

Hingga saat ini, dua alat berat berupa ekscavator masih disiagakan di sekitar jembatan Wonorekso, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, yang beberapa waktu lalu sempat meluap dan mengakibatkan 415 rumah terdampak banjir disertai lumpur dan material banjir bandang.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter