Begini Cara Sekolah Alam di Surabaya Perkenalkan Budaya Jawa Timur

Selasa, 03 Apr 2018 20:08 WIB
Reporter :
Arry Saputra
Para siswa ketika memamerkan karyanya

jatimnow.com - Para siswa Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya menggelar Pameran Budaya Jawa Timur, Selasa (3/4/2018).

Pada pameran itu, sebanyak 103 siswa memamerkan hasil karyanya berupa mading yang sudah mereka buat dengan memperkenalkan budaya- budaya di tempat asalnya masing-masing.

Antoina Liono, Guru Tematik Kelas 3 SD mengatakan pameran ini diikuti sebanyak 103 siswa dari 26 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

Baca juga: Kasus Korupsi Mencuat, Akademisi di Malang Soroti Integrasi Pendidikan

"1 kelompok terdiri dari 3 sampai 4 anak, dalam waktu kurang lebih seminggu mereka membuat mading bertemakan budaya, suku, kesenian yang diisi di dalam mading. Dan dipresentasikan ke teman-teman yang ada di sekolah," kata Antoina Liono di sela-sela pameran.

Selain untuk mengenalkan budaya, para siswa diajak berinteraksi dengan teman dan juga orang tua siswa untuk tanya jawab mengenai wisata, kuliner, dan kekhasan dari masing-masing kabupaten atau kotanya.

Baca juga: Pengetahuan Lalu Lintas Masuk Kurikulum Belajar Siswa di 2024

"Jadi, mereka mengumpulkan dari rumah, mereka bawa data-datanya, perlengkapan membuat mading di kelas seminggu full membuat mading. Orang tua sangat mendukung, mereka sebagai fasilitator," ujar Guru Kelas Tematik tersebut.

\

Seperti halnya stan Rania, Ardhan, dan Fardad, yang memberikan sajian makanan khas Gresik. Selain itu, juga terdapat otak-otak bandeng, jenang ayas, jenang jubung boncolan, dan masih banyak sajian lainnya. 

 

Baca juga: Puti Guntur Bawa Program Satu Keluarga Satu Sarjana untuk Pengentasan Kemiskinan

Reporter: Arry Saputra

Editor: M Arif Fajar Ardianto

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler