Pemilu 2019, Ketika 'Mereka' Tidak Tenang di Masa Tenang

Minggu, 14 Apr 2019 15:30 WIB
Reporter :
Farizal Tito, LKBN Antara
APK di Dinoyo/Tito-jatimnow.com

jatimnow.com - Hari pertama masa tenang ternyata tidak membuat tenang Badan Pengawas Pemilu (Bappilu) dan Satpol PP, Linmas, Polri, TNI dan lainnya.

Mereka sejak dinihari harus melakukan penertiban baliho atau banner calon legislatif (caleg), parpol serta calon DPD, Minggu (14/4/2019).

Ingat, masa tenang selama tiga hari ini seharusnya ditaati para caleg hingga calon anggota DPD. Bawaslu meminta para pemilik Alat Peraga Kampanye (APK) untuk bersama-sama membersihkan.

Baca juga: Hasto Tegaskan PDI Perjuangan Bukan Partai Kemarin Sore, Sindir Demokrat?

"Sama-sama bergerak ya, tapi kami beserta Satpol PP dan teman-teman daerah diberi tugas untuk menegakkan hukum untuk masa tenang ini, jadi masa tenang tidak berhak kampanye maka kami beserta jajaran daerah mulai menertibkan tadi malam," jelas Anggota Bawaslu Jatim, Purnomo Satriyo Pringgodigdo, Minggu (14/4/2019).

Pantauan jatimnow.com pada pukul 15.00 Wib, di kawasan Dinoyo, Surabaya atau depan Kampus Universitas Widya Mandala masih penuh APK. Seolah tidak tersentuh penertiban.

Baca juga: Video: Pesan Mahfud MD untuk Jokowi-Prabowo

"Kita masih bekerja untuk membersihkan APK itu. Dan Pembersihan APK itu juga merupakan bagian dari penegakan hukum administrasi Pemilu 2019 sendiri," kata Purnomo.

\

Kasatpol PP Kota Surabaya, Irvan Widyanto memastikan pembersihan APK masih terus dilakukan. Namun, karena jumlah APK yang tersebar cukup banyak maka tidak bisa cepat.

"Mohon waktu mulai tadi malam sampai dengan sekarang masih lanjut," jawab Irvan.

Baca juga: Mahfud MD Minta Jokowi-Prabowo Segera Rekonsiliasi

Ribuan APK peserta Pemilu 2019 di sejumlah wilayah di Kota Surabaya, sejak dini hari ditertibkan oleh petugas gabungan dan Badan Pengawas Pemilu.

"Mulai pukul 00.00 Wib dini hari tadi hingga siang ini, kami sudah terus bergerak menertibkan ribuan APK di sejumlah titik," kata Komisioner Bawaslu Surabaya Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL), Hidayat.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler