Tol Malang Diresmikan, Khofifah: Solusi Kemacetan & Percepatan Ekonomi

Senin, 13 Mei 2019 13:18 WIB
Reporter :
Avirista Midaada
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat peresmian Tol Pandaan-Malang

jatimnow.com - Peresmian tol Pandaan-Malang diperkirakan akan mengurai kemacetan kendaraan di jalur Surabaya-Malang. Kemacetan sering terjadi di beberapa titik mulai dari Pandaan-Singosari terutama pada libur momen panjang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, ada beberapa titik yang menjadi simpul kemacetan di sepanjang jalur Surabaya-Malang.

"Ada 65 ribu kendaraan sehari melintasi Surabaya ke Malang. Terdapat beberapa titik kemacetan di Lawang dan Singosari," ujar Gubernur Khofifah saat memberikan sambutan peresmian Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).

Baca juga: BPN Kota Kediri Bayar 8 Bidang Terdampak Tol Kediri-Tulungagung

Namun jumlah ini diprediksi akan terurai dengan adanya Tol Pandaan-Malang yang menjadi alternatif bagi pengemudi dari Surabaya menuju Malang.

"Diprediksi kemacetannya akan terurai karena 45 ribu kendaraan ini akan melewati tol," bebernya.

Baca juga: Truk Bermuatan Buah Terbalik di Tol Sidoarjo

Selain bisa mengurangi kemacetan, akses tol ini juga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Malang raya.

\

"Semoga manfaatnya cukup besar untuk percepatan aksesibilitas masyarakat. Segitiga wilayah ini menjadi sentra pertumbuhan ekonomi yang luar biasa," ungkapnya.

Baca juga: Kebakaran Truk Di Tol Sidoarjo Arah Malang

Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,5 km dari jumlah tersebut, 30,6 km sudah resmi diresmikan dan dioperasionalkan. Ruas tol Pandaan-Malang sendiri terdiri dari ruas Pandaan - Purwodadi sepanjang 15,5 km yang masuk seksi 1.

Kemudian ada Purwodadi - Lawang dengan panjang 8 km yang masuk seksi 2, serta ruas Lawang - Singosari 7,1 km yang masuk seksi 3. Sementara seksi 4-5 yang ada di Pakis hingga Kota Malang belum beroperasi.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Malang

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler