Kepala Staf Kepresidenan: Jangan Gunakan Masjid Untuk Berpolitik

Sabtu, 21 Apr 2018 18:04 WIB
Reporter :
Arry Saputra
Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko saat acara Seminar Nasional Pancasila di Surabaya.

jatimnow.com - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengajak menggunakan masjid untuk tempat beribadah dan pendidikan karakter. Bukan untuk kepentingan lainnya termasuk kepentingan politik.

Hal itu disampaikan Moeldoko usai membuka acara Seminar Nasional Pancasila 'Pembudayaan Pancasila pada Era Generasi Milenial' yang digelar Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur, di aula Pondok Pesantren Sabilurrosyidin, Gayungan, Surabaya, Sabtu (21/4/2018).

"Saya selalu mengatakan bahwa, masjid, pesantren, tempat beribadah memiliki nilai-nilai sangat strategis dalam membangun karakter bangsa. Untuk itu jangan masjid digunakan untuk kepentingan-kepentingan lain. Apalagi untuk kepentingan politik. Ini tidak sehat dan ini akan membawa kondisi yang tidak bagus ke depan," ujar Moeldoko.

Baca juga: Bupati Buka Bulan Bakti TNI-Polri di Lamongan, 300 Paket Sembako Dibagikan

Mantan Panglima TNI ini menerangkan, dunia saat ini menghadapi situasi perubahan yang cepat. Tapi di dalamnya penuh jebakan penuh resiko, kompleksitasnya luar biasa dan sering mengejutkan.

Baca juga: 5.598 Personel Gabungan di Kota Malang Siap Amankan TPS

"Lingkungan ini harus betul-betul disikapi oleh anak-anak muda, dipahami oleh lingkungan itu. Bagaimana harus menyiapkan diri dengan baik. Menyiapkan diri dengan baik seperti apa, menyiapkan diri tidak cukup dengan kemampuan skill keahlian dan science-nya, tapi juga karakternya harus dipersiapkan," tuturnya.

\

Melalui kegiatan seminar Pancasila ini diharapkan ikut membentuk karater. Moeldoko yakin, anak-anak yang tinggalnya di lingkungan asarama, di lingkungan pesantren, lingkungan masjid akan terbentuk karaternya.

Baca juga: Pelepasan Panther AS 565 MBe untuk Bergabung dengan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O UNIFIL Lebanon

"Karena mereka akan mendapatkan character building dari para seniornya, guru-guru ngajinya," jelasnya.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Tags :
Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler