Hilal di Surabaya Belum Tampak, 1 Ramadan Tunggu Putusan Pusat

Senin, 12 Apr 2021 18:31 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Rukyatul Hilal di lantai 55 One Icon Residence, Jalan Tunjungan, Surabaya

jatimnow.com - Penetapan 1 Ramadan 1442 Hijriyah melalui pantauan hilal di One Icon Residence Jalan Tunjungan, Surabaya belum bisa ditetapkan. Buruknya cuaca menjadi faktor utama hilal tidak bisa terlihat.

"Sesuai dua orang saksi bahwa dua orang saksi melaporkan pada menjelang sore ini tidak dapat melihat hilal," ujar Hakim Pengadilan Agama Surabaya, Tamat Zifudin, Senin (12/4/2021).

Zifudin menambahkan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menunggu pengumuman dari pemerintah pusat lewat sidang isbat. Menurutnya, sidang isbat akan segera digelar pemerintah dan penetepannya bisa dilihat sekitar pukul 19.00 Wib.

Baca juga: Pantauan Hilal di Surabaya Tak Terlihat, Idul Fitri Tunggu Sidang Isbat

"Untuk penentuan satu ramadan menunggu pemerintah secara resmi. Nunggu pleno di pemerintah pusat, berdasarkan rukyatul hilal di seluruh wilayah," ungkapnya.

Sementara Kepala Kemenag Kota Surabaya, Husnul Marom menyebut bahwa tempat pemantauan hilal di Surabaya ini cukup ideal karena berada di titik tertinggi.

Baca juga: Penetapan Awal Ramadan, Hilal Tak Terlihat di Sejumlah Wilayah Indonesia

"Tempat ini adalah pertama yang dijadikan untuk rukyatul hilal dan ini sangat pantas dan layak untuk dijadikan tempat pendidikan dan pelatihan untuk melihat rukhayul hilal," tambah dia.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler