Semeru Luncurkan Awan Panas, Relawan Pencarian Ditarik Mundur

Kamis, 16 Des 2021 12:06 WIB
Reporter :
Mahfud Hidayatullah
Gunung Semeru kembali meluncurkan asan panas. (Foto: Mahfud Hidayatullah)

Lumajang - Luncuran awan panas Gunung Semeru, Lumajang, kembali terjadi. Situasi tersebut membuat sejumlah relawan dan tim SAR pencarian korban di lokasi bencana harus ditarik mundur.

Komandan Satuan Yon Zipur 10 Kapten Muhammad Cendy Burhan membenarkan hal tersebut. "Dari laporan petugas yang di lapangan memang ada luncuran awan panas kembali dari puncak kawah Gunung Semeru," kata Cendy saat dihubungi, Kamis (16/12/2021).

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), lanjutnya, kejadian itu sekitar pukul 09.01 WIB dari. "Semua petugas dan relawan yang berada di lokasi bencana di area tersebut semuanya ditarik mundur," katanya.

Baca juga: Mengenal Batu Akik Semeru Lumajang, Bisa Menempel di Magnet

Situasi tersebut dinilai sangat membahayakan keselamatan terhadap para relawan di sana. "Situasi pencarian dinilai tidak memungkin secara otomatis aktivitas relawan ditunda terlebih dahulu," tegasnya.

Baca juga: Pengungsi Terdampak Banjir Lahar Semeru Lumajang Berangsur Pulang

Peristiwa kejadian letusan gunung Semeru terjadi ada Sabtu (4/5) yang memporak porandakan Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler