TPS Unik di Blitar, Nyoblos Pilgub Serasa Kondangan

Rabu, 27 Jun 2018 12:43 WIB
Reporter :
CF Glorian
Pintu masuk di TPS 018 Kelurahan Bendogerit, Blitar

jatimnow.com - Untuk menarik partisipasi masyarakat, sebuah TPS di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar merubah tampilan TPS menjadi layaknya sebuah tempat hajatan.

Di TPS 018 Bendogerit, masyarakat setempat merasakan pemungutan suara seperti hendak kondangan. Di depan pintu masuk, terdapat pager ayu berupa pohon pisang, serta beberapa kelapa gading.

Tak lupa, panitia juga memberikan bleketepe atau ucapan selamat datang dari anyaman janur kuning. TPS 018 didirikan dengan kuade disebuah tanah lapang. Di dalam TPS, ada ruangan khusus untuk bilik suara.

Baca juga: Absen di Hari Jadi Provinsi Jatim, Gus Ipul: Persiapan Lengser

Terdapat juga aneka jajanan juga disediakan oleh petugas KPPS. Tak berhenti disitu, para petugas KPPS juga mengenakan pakaian adat beskap bagi pria, serta kebaya bagi wanita. Ketika berada di dalam, serasa seperti sedang kondangan.

Baca juga: Gus Ipul Absen di Hari Jadi Jatim, Soekarwo Jamin Tidak Ada Konflik

"Unik mas, mulai dari pakaian panitianya, designnya, semuanya unik. Harapannya tahun depan gini lagi biar menarik," kata Nanda Budi Setyawan usai mencoblos di TPS 018 Bendogerit, Rabu (27/06/2018).

\

Munculnya gagasan ini berasal dari pemikiran warga setempat. Selain dimaksudkan untuk menambah partisipasi masyarakat, juga mengandung makna filosofis tersendiri.

Baca juga: Khofifah dan Idul Adha

"Jadi ini memang seperti acara mantu kalau orang Jawa bilang. Acara mantu itu kan guyub, rukun, dan harapannya pelaksanaan Pilgub Jatim ini juga demikian," kata Yudha Prasetya, Ketua RT 01 RW 07, Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananweta, Kota Blitar.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto





Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Blitar

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler