Harkitnas, Ribuan Kader PDIP Surabaya Gelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air

Kamis, 19 Mei 2022 15:38 WIB
Reporter :
jatimnow.com
PDIP Surabaya gelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) serentak dalam rangka Harkitnas (Foto-foto: PDIP Surabaya)

Surabaya - Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2022 atau Jumat besok, kader-kader banteng PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA).

Senam ini digelar mulai pukul 7.00 sampai 9.00 WIB, di 32 lokasi, mencakup seluruh kecamatan di Kota Surabaya.

"Kegiatan senam ini, sedikitnya diikuti 3.300 peserta. Berkaos merah dan memakai celana training putih. Termasuk anggota legislatif DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan akan mengerahkan jaringannya," terang Taru Sasmita, Ketua Panitia sekaligus Bendahara PDIP Surabaya.

Baca juga: Senam Sicita Meriahkan Peringatan Hari Lahir Bung Karno di Peneleh Surabaya

"Seperti ungkapan dalam bahasa Latin, mensana in corpore sano. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," tambah dia.

Menurut Taru, SICITA adalah program kegiatan dari DPP PDIP yang berlaku skala nasional.

"Besok kita melakukan senam serentak. Disiarkan langsung melalui live streaming di YouTube dan media sosial," jelas Taru.

PDIP Surabaya gelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) serentak dalam rangka Harkitnas

"Para kader dan pengurus PDI Perjuangan Kota Surabaya antusias mengikuti senam SICITA, sehingga digelar di seluruh kecamatan. Kawan-kawan dalam beberapa hari ini, pada aktif mempersiapkan diri," ujarnya.

Gelaran SICITA di Surabaya, lanjut Taru, sekaligus menyongsong HUT Kota Pahlawan ini yang ke-729, pada 31 Mei 2022.

Baca juga: Mas Dhito Sebut SICITA Kobarkan Semangat Cinta Tanah Air

"Kita syukuri Pandemi Covid-19 semakin melandai dan sekarang sudah berstatus PPKM Level 1. Aktivitas sosial ekonomi masyarakat terus tumbuh. Termasuk kegiatan olahraga, diantaranya senam yang tumbuh subur di kampung-kampung," kata Taru.

\

SICITA didesain dan diluncurkan oleh DPP PDIP pada awal Januari 2022. Gerakan-gerakannya membuat tubuh menjadi segar dan bugar.

"Diiringi lagu-lagu khas Indonesia, di antaranya aransemen musik dan lagu nasional, lagu perjuangan dan lagu-lagu daerah di tanah air," sambung Wakil Sekretaris PDIP Surabaya, Achmad Hidayat.

Melalui SICITA, sambung Achmad, ditanamkan rasa cinta kepada tanah air, pada budaya masyarakat Indonesia, juga pada spirit kebangsaan.

Baca juga: Dengan SICITA, Kader PDIP Surabaya Pupuk Soliditas, Perkuat Basis di Masyarakat

"Kita tanamkan rasa cinta tanah air, spirit kebangsaan dan elan perjuangan untuk Indonesia Raya. Besok senam SICITA akan diikuti anak-anak muda, kaum dewasa, laki-laki dan perempuan. Kita melakukan senam, yang happy, sehat dan segar," kata Alumni GMNI Unesa itu.

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono menambahkan, SICITA telah disosialisasikan kepada warga masyarakat luas.

"Melalui para instruktur senam, jaringan pada kader dan pengurus di kampung-kampung, dan juga anggota legislatif dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya, aktif mensosialisasikan SICITA," jelas Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya itu.

"Ini bagian dari menjalankan arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri untuk terus menerapkan perilaku hidup sehat sekaligus guyub melalui aktivitas senam bersama-sama," tandas Adi.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler