Mas Dhito Minta Pramuka Jadi Ekskul Wajib untuk Membentuk Karakter Anak Bangsa

Selasa, 12 Jul 2022 18:39 WIB
Reporter :
Yanuar Dedy
Mas Dhito saat menghadiri muscab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

Kediri - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) meminta pendidikan pramuka menjadi ekstrakurikuler sekolah (ekskul) wajib, mengingat pentingnya kegiatan itu dalam pembentukan karakter anak bangsa.

Instruksi mewajibkan pendidikan pramuka sebagai ekskul itu disampaikan Mas Dhito saat menghadiri musyawarah Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kediri di Gedung Bhagawanta Bhari, Selasa (12/7/2022).

"Nanti dinas pendidikan dimonitor lagi pendidikan pramuka di sekolah, karena Pramuka menjadi ektrakurikuler wajib," kata Mas Dhito yang sekaligus menjadi ketua majelis pembimbing cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri itu.

Baca juga: Anak di Kediri Vakum Sekolah karena Rawat Orang Tua, Mas Dhito Terjunkan Tim

Tak hanya lembaga pendidikan di bawah pembinaan dinas pendidikan, ekskul Pramuka juga diperuntukkan untuk lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Kemudian tak kalah penting kepada Kwartir Cabang, Kwartir Ranting dan Gugus Depan, Mas Dhito meminta untuk sungguh-sungguh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

"Kita berharap anak-anak di Kabupaten Kediri menjadi generasi yang berkarakter dan berkepribadian sebagaimana tujuan Gerakan Pramuka," ungkapnya.

Baca juga: Mas Dhito Silaturahmi ke PKS Kabupaten Kediri, Ngobrol Bola dan Politik

Menindaklanjuti instruksi bupati tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko yang hadir dalam kegiatan itu menyampaikan, kegiatan pramuka diakui sudah lama vakum terlebih dengan adanya pandemi.

\

"Melihat kondisi Covid-19 yang semakin membaik, kegiatan pramuka harus kita mulai digalakkan kembali," ucapnya.

Mas Dhito menambahkan, kegiatan Pramuka akan digalakkan mulai dari tingkat penggalang, penegak atau SD sampai SMA kemudian diteruskan tingkat pandega. Diharapkan dengan digalakkannya kegiatan Pramuka, dapat melatih kemandirian dan membentuk karakter anak.

Baca juga: Mas Dhito Sholawatan Bareng Zahir Mania, Habib Bidin: Semoga Kediri Semakin Baik

 

(ADV)

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Kediri

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler