Pelajar SMKN 2 Ponorogo Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 77 Meter

Rabu, 17 Agu 2022 09:46 WIB
Reporter :
Mita Kusuma
Pembetangan bendera raksasa.(Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Pelajar SMKN 2 Ponorogo membuat dan membentangkan bendera raksasa. Panjang bendera 77 meter dengan lebar 8 meter. Bendera dibuat 17 siswa yang secara bergantian menjahit. Lalu dibentangkan ratusan siswa lainnya saat upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Kepala SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani menjelaskan bahwa bendera raksasa sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Ada 6 dimensi yang diamalkan siswa SMKN 2 Ponorogo sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Di antaranya adalah poin gotong-royong. Pasalnya, menjahit bendera sepanjang 77 dan lebar 8 membutuhkan waktu dan keterampilan khusus. Terlebih bahannya kain satin yang licin.

Poin lainnya adalah mandiri. Pelajar menjahit sendiri bendera dengan panjang 77 meter dan lebar 7 meter. Mereka pun menuangkan kreatifitasnya.

Baca juga: Warga Samin Bojonegoro Kirab Bendera Merah Putih 78 Meter

“Kami selalu mendukung apa yang diinginkan siswa. Asal tujuannya baik dan tidak merugikan siapa pun,” pungkasnya.

Baca juga: Jangan Sembarangan! Ini Ukuran Resmi Bendera Merah Putih

Salah satu pelajar yang turut menjahit bendera raksasa adalah Ilyana Iswa Prasetya. Siswi jurusan tata busana iut mengaku kesulitannya adalah menggabungkan antara kain merah dan putih.

\

“Kami membuatnya selama dua hari. Ada maknanya sendiri,” ujarnya.

Baca juga: Kades Purworejo Ponorogo Bagi-bagi Bendera Merah Putih, Dananya dari Mana?

Sekadar diketahui, panjang 77 meter sesuai dengan usia Republik Indonesia pada 2022. Lebar 8 meter sesuai bulan kelahiran Republik Indonesia, yakni Agustus. Kemudian yang menjahit ada 17 pelajar, itu sesuai dengan tanggal lahir Republik Indonesia pada 17 Agustus.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ponorogo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler