Gempar Ular Sanca 4 Meter Jebol Plafon Rumah Warga di Lamongan

Selasa, 20 Des 2022 11:27 WIB
Reporter :
Adyad Ammy Iffansah
Ular sanca 4 meter berhasil dievakuasi Petugas Damkar Lamongan (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Seekor ular sanca kembang dengan panjang 4 meter dievakuasi dari atap rumah Rifan (40), warga Dusun Joto, Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan.

Ular itu pertama kali diketahui usai atap plafon rumah milik Rifan mengalami retak hingga jebol. Saat itu pula, terlihat sekelebat penampakan ular.

"Kejadiannya tadi pagi pukul 9.00 WIB. Dievakuasi dari atap rumah warga Jotosanur, Tikung," ujar Kabid Damkar, Satpol PP Lamongan, Sukardi, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Ular Sanca 4 Meter Teror Warga Bangkalan, Kini Malah Dipelihara

Menurut Sukardi, ada 7 personel yang diterjunkan. Setelah 30 menit, ular itu berhasil dievakuasi, meski ular sempat melakukan perlawanan dan mencoba kabur melalui sela-sela dinding rumah.

"Untuk ukuran ini tergolong besar. Hal itu pula yang menyebabkan plafon rumah warga jebol karena tak kuat menahan berat ular," paparnya.

Baca juga: Perbaiki Jembatan di Sampang, Ular Sanca 3 Meter Nyaris Gigit Pekerja

Pihak damkar akan melepas-liarkan ular tersebut dengan mencari habitat yang cocok seperti jauh dari pemukiman dan area pertanian warga.

\

"Selain di kembalikan ke habitat biasanya di hutan Mantup, juga biasanya diminta komunitas pecinta ular untuk kepentingan edukasi dan sosialisasi pencegahan ular," ujar Siswanto.

Baca juga: Ular Sanca Teror Warga Semampir Surabaya, 1 Korban Terluka Dirawat di Rumah Sakit

Sementara itu, Riri warga setempat mengungkapkan, penampakan ular itu cukup menghebohkan warga, lantaran ukuran dan keberadaannya dinilai tidak biasa.

"Plafon rumah jebol lalu keliatan ular. Warga berkumpul penasaran pengen lihat," paparnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Lamongan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler