Uang Ratusan Juta Rupiah Demi Koleksi Action Figure Superman

Senin, 30 Jan 2023 16:26 WIB
Reporter :
Elok Aprianto
Ahmad Athoillah kolektor Action Figure Superman asal Jombang (Foto-foto: Elok Pribadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Seorang pria di Jombang rela menghabiskan uang ratusan juta rupiah demi mengoleksi action figure Superman idolanya.

Kolektor itu bernama Ahmad Athoillah. Kesibukannya menjadi wakil rakyat di DPRD Jawa Timur tidak membuat hobinya mengoleksi superhero Superman yang diidolakan sejak kecil itu berhenti.

Ditemui di kediamannya Jalan Gubernur Suryo, Jombang, ia memperlihatkan koleksi Superman yang dikumpulkan sejak 2015 silam.

Baca juga: Warga Jombang Koleksi Ratusan Action Figure Superman

"Superman ini merupakan superhero kesukaan saya sewaktu saya masih kecil," ungkapnya, Senin (30/1/2023).

Dia menjelaskan, saat jalan-jalan ke Jakarta pada 2015, dia melihat salah satu stand pameran yang memamerkan superhero Superman.

"Saya menemukan salah satu stand Superman. Oh ternyata di Indonesia ada Superman Fans of Indonesia (SFoI). Nah itu saya mulai muncul hobi masa kecil saya. Dan mulai itu saya mengkoleksi Superman sampai saat ini," terangnya.

Dia mengaku suka dengan Superman lantaran logo S dalam kostum Superman memiliki filosofi yang menarik.

"Ya saya suka karena filosofi hidupnya Superman. Ada logo S. Yang kita tahu S itu adalah Superman. Tapi ternyata S ini dalam bahasa crypton (planet asal Superman) artinya adalah hope (harapan)," ungkap dia.

"Jadi Superman yang superhero. Walaupun kekuatannya super tapi ternyata tetap membutuhkan teman, keluarga. Walaupun mempunyai harapan yang berbeda tapi ternyata tujuannya sama. Ya itu yang saya sukai," sambungnya.

Baca juga: Cerita Kolektor saat Dapat Cuan dari Uang-uang Kuno Koleksinya

Saat ditanya berapa jumlah total koleksi Superman yang dimiliki, ia mengaku jumlahnya banyak, tapi tidak sampai ribuan.

\

"Ada banyak. Kalau tepatnya saya kurang paham. Kira-kira ada ratusan, belum sampai ribuan," ucapnya.

Dia mengatakan, untuk mengumpulkan koleksi Superman ada beberapa cara, mulai dari membeli, hingga tukar menukar, terutama dari sesama para kolektor action figure Superman.

"Ya pas jalan-jalan kok ada Superman yang bentuknya apa, gitu ya saya beli. Terus dari online. Terus dari temen-temen. Kita itu ada grup Superman Fans of Indonesia. Tapi ada juga yang sering tukar-menukar," papar dia.

Dia menjelaskan, ada dua jenis barang yang langka. Dan untuk memiliki barang tersebut, ia membutuhkan waktu yang lama.

Baca juga: Video: Kolektor Bambu Unik di Ponorogo

"Piringan hitam. Ada juga kotak musik yang bisa muter itu smallvile (kota tempat Superman jatuh ke bumi) itu yang paling lama. Sejak Tahun 1920. Dapat di Indonesia, ya harganya sekitar Rp11 sampai 12 juta," bebernya.

Dia menyebut ada beberapa mainan yang didatangkan dari luar negeri. Mulai dari Amerika, Eropa hingga Inggris, dengan harga sekitar Rp2 sampai 3 juta.

Untuk mengoleksi superhero kesayangannya itu, ia mengaku merogoh kocek yang cukup lumayan.

"Kalau sejak 2015 kalau ditotal ya kurang lebih sudah ratusan juta ya," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jombang

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler