Tukang Gali Kubur di Kediri Temukan Ratusan Amunisi Aktif, Peninggalan Belanda?

Minggu, 12 Mar 2023 19:13 WIB
Reporter :
Yanuar Dedy
Lokasi penemuan amunisi aktif telah dipasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan. (foto : Polsek Purwoasri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Tukang gali kubur di Kediri menemukan ratusan amunisi yag diduga masih aktif, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Kaliawen Timur, Desa Ngino, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Minggu (12/3/2023). Amunisi itu ditemukan di dalam kotak kayu yang tidak terlalu dalam.

Kapolsek Plemahan AKP Anwar Iskandar mengatakan, ratusan amunisi ditemukan oleh Ponidi (55) warga setempat saat menggali makam bersama dua temannya.

"Saksi ini memang sering menggali kubur," kata AKP Anwar.

Baca juga: Harga Cabai Rawit Murah, Petani di Kediri Ogah Pakai Buruh Panen

Mereka, lanjut Anwar, sama sekali tak menaruh curiga saat awal penggalian. Namun ketika menggali di hingga kedalaman 30 centimeter, Ponidi kaget menemukan beberapa amunisi aktif yang sudah berkarat.

Beberapa butir amunisi yang diduga masih aktif dan sudah berkarat. (foto: Polsek Purwoasri for jatimnow.com)

Baca juga: Bandara Dhoho Kediri Gelar Inaugural Flight Besok, Gudang Garam: Buka Era Baru

"Penasaran, Ponidi kembali menggali lebih dalam. Tidak lama Ponidi menemukan satu kotak kayu yang sudah lapuk berisi ratusan amunisi," lanjut AKP Anwar.

\

Total amunis yang ditemukan lebih dari 200 butir. Selain penemuan amunisi, juga ditemukan satu senjata mesin berat.

Baca juga: Tabrak Pelajar di Kediri hingga Tewas, Sopir Bus Harapan Jaya Ditahan

Atas temuan ratusan amunisi itu, pihaknya langsung melaporkan ke Polres Kediri dan Brimob Kompi C Kediri. Untuk sementara ini, area tempat ditemukannya ratusan amunisi dipasang garis polisi.

"Kita menunggu dari Brimob Polda Jatim untuk melakukan olah TKP. Untuk sementara ratusan amunisi yang sudah berkarat dan diduga aktif diamankan di Mapolsek Plemahan," tandas AKP Anwar.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Kediri

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler