Meriahnya Acara Tawur Agung di Desa Laban Gresik Jelang Hari Raya Nyepi

Selasa, 21 Mar 2023 20:38 WIB
Reporter :
Sahlul Fahmi
Masyarakat antusias menyambut pawai ogoh-ogoh saat acara Tawur Agung Kesanga di Desa Laban, Gresik. (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Acara Tawur Agung Kesanga di Pura Jagad Dumadi di Desa Laban, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik berlangsung meriah, Selasa (21/3/2023).

Pascapandemi, acara Tawur Agung Kesanga tahun ini kembali digelar dengan pawai ogoh-ogoh. Belasan ogoh-ogoh dengan aneka bentuk diarak keliling desa.

Pawai ogoh-ogoh menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar. Sejak sore mereka datang berbondong-bondong ke depan Pura Jagad Dumadi untuk melihat ogoh-ogoh yang akan diarak keliling desa.

Baca juga: Rute Pawai Ogoh-ogoh Perayaan Nyepi di Surabaya, Catat Tanggal dan Lokasinya!

Kusnadi, sesepuh masyarakat Hindu Desa Laban, mengatakan acara Tawur Agung Kesanga dimulai dengan ritual upacara Mecaru yang digelar di pura tadi siang.

Pawai ogoh-ogoh di Desa Laban, Kecamatan Menganti, Gresik.

Baca juga: Warga Lintas Agama Desa Balun Lamongan Buat Ogoh-ogoh Jelang Nyepi

Kemudian setelah senja, acara dilanjutkan dengan pawai ogoh-ogoh. Pawai kian meriah dengan aneka ragam pertunjukan mulai dari karawitan, tarian tradisional hingga penampilan reog.

\

"Setelah pawai ogoh-ogoh akan di bakar di halaman pura. Ritual ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan kepada alam agar bisa harmonis dengan manusia. Begitupun sebaliknya," kata Kusnadi.

Baca juga: Pawai Ogoh-Ogoh Pasuruan

Kusnadi menambahkan bahwa setelah acara tawur agung masyarakat Hindu di Desa Laban dan sekitarnya akan melakukan Brata Penyepian yang dimulai Rabu (23/3/2023) dari jam 06.00 WIB sampai jam 06.00 WIB hari berikutnya.

"Brata Penyepian dilakukan selama 24 jam," ucapnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Gresik

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler