Jelang Idul Adha, Harga Bumbu di Kediri Stabil

Selasa, 21 Agu 2018 15:30 WIB
Reporter :
Erwin Yohanes
Penjual bumbu layani pembeli

jatimnow.com - Harga sejumlah komoditas bumbu masak di Pasar Payung Kota Kediri, relatif stabil dan cenderung mengalami penurunan, menjelang hari raya idul adha.

Kondisi ini berbeda dengan hari raya kurban tiga tahun terakhir, yang bersamaan dengan kenaikan harga bumbu dapur. "Sekarang harganya murah dan stabil, beda dengan yang dulu," ujar Sunarsih, salah seorang penjual.

Harga cabe yang biasanya naik jelang perayaan hari besar keagamaan, kini stabil di harga Rp 23 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang merah turun dari Rp 25 ribu menjadi Rp 17 ribu per kilogram.

Baca juga: Tekan Harga Pangan, Pemkot Malang Buka Opsi Kerja Sama Antar Daerah

Untuk harga bawang putih relatif stabil dikisaran Rp 18 ribu hingga Rp 22 ribu per kilogram. Ketiga jenis bumbu tersebut banyak dicari oleh masyarakat untuk memasak daging hewan kurban.

Baca juga: Kang Giri Sidak ke Pasar di Ponorogo, Ini Hasilnya

Selain itu aneka rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kencur serta lada bubuk juga banyak dicari. Berbagai jenis bahan penghilang bau amis pada daging kurban seperti daun jeruk dan serai menjadi salah satu komoditas yang banyak dibeli oleh masyarakat. "Mereka banyak membeli bumbu untuk memasak daging hewan kurban," imbuhnya.

\

Stabilnya harga bumbu dapur ini disyukuri oleh para ibu rumah tangga. Mereka mengaku tidak perlu menambah anggaran belanja harian untuk membeli bumbu.

Baca juga: Pj Wali Kota Malang Siapkan Skenario Jitu Intervensi Harga Sembako

"Biasanya keluarga berkumpul dan memasak bersama daging kurban makanya kita beli bumbu agak banyak," tutur Rahmi, salah seorang ibu rumah tangga.

Reporter: Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Kediri

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler