Mengenal Ubur-Ubur Bluebottle yang Invasi di Pesisir Selatan Pulau Jawa

Kamis, 06 Jul 2023 07:02 WIB
Reporter :
Haryo Agus
Ubur-ub ur jenis blue bottle. (Foto: SAR Parangtritis for jatimnow).com

jatimnow.com - Baru-baru ini heboh kabar seorang wisatawan yang tersengat ubur-ubur jenis blue bottle di pantai Parangtritis Jogjakarta.

Dilansir akun resmi SAR Parangtritis pada instagram pada Minggu (02/07/2023). Dalam unggahannya, SAR Parangtritis memperlihatkan seorang anak yang kesakitan karena tersengat ubur-ubur jenis Bluebottle.

Bluebottle sendiri adalah jenis ubur-ubur yang tidak mematikan dan tidak akan menyebabkan kematian. Ia memiliki nama lain sebagai Pacific of Man of War. Penamaan ubur-ubur jenis ini berdasarkan tampilannya yang berwarna biru dan berbentuk seperti botol kecil.

Baca juga: Destinasi Wisata Singapura jadi Incaran Pengunjung, Terbanyak dari Indonesia

Meskipun tidak mematikan, sengatan dari bluebottle cukup berbahaya dan harus diwaspadai. Pasalnya, sengatan dari ubur-ubur yang satu ini dapat menyebabkan luka, rasa terbakar, bentol, nyeri pada sendi, hingga sesak nafas.

Mengutip dari situs resmi Health Direct Australia, berikut cara penanganan apabila terkena sengatan bluebottle:

- Apabila orang tersebut tidak sadarkan diri, segera lakukan cardiopulmonary resuscitation (CPR).

- Tuangkan cuka pada sengatan ubur-ubur selama 30 detik. Hal ini bertujuan untuk menghentikan tentakel ubur-ubur yang belum mengeluarkan racun.

Baca juga: MV. Seven Seas Explorer Kembali Singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

- Kalau tidak ada cuka, cuci bagian tubuh yang tersengat dengan air laut.

\

- Lepaskan tentakel ubur-ubur dari kulit secara hati-hati dengan menyentilnya menggunakan tongkat atau jari. Jika menyentil dengan jari, kemungkinan penolongnya akan mengalami sedikit perih. Sebaiknya kenakan sarung tangan apabila tersedia.

- Bilas bekas sengatan ubur-ubur dengan air laut. Gunakan kompres dingin untuk mengobati nyeri setelah mengobati sengatan dengan cuka.

Baca juga: Penginapan Manahayu Holistic di Kota Batu Bikin Liburan Makin Asyik

- Setelah itu, segera bawa orang yang terkena sengatan ubur-ubur ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut seperti pemberian antivenom, pereda nyeri, atau pengecekkan jantung.

- Sebagai catatan, jangan mengalirkan air biasa ke bagian tubuh yang terkena sengatan ubur-ubur karena dapat menyebabkan lebih banyak racun yang keluar.

Ubur-ubur jenis bluebottle rutin bermigrasi dan hidup secara koloni. Musim migrasi ubur-ubur ini terjadi sekitar bulan Juli hingga Agustus di pesisir selatan pulau Jawa dan Sumatera hingga Australia.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler