Elektabilitas Bupati Sumenep Fauzi Tempel Ketat Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kamis, 02 Nov 2023 07:19 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Survei untuk Pilgub Jatim 2024 (foto: Ni'am/jatimnow.com)

jatimnow.com - Direktur Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaqi Sirajt, menilai nama Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi Wongsojudo atau Cak Fauzi layak diperhitungkan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon penampingnya di Pilgub Jatim 2024.

Elektabilitas Fauzi dalam temuan ARCI mengalami tren peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, menempel ketat Emil Dardak.

"Untuk tiga besar kandidat potensial di Pilgub Jatim 2024 itu ada Khofifah, Emil, lalu Cak Fauzi,” kata Baihaqi, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Pilgub Jatim 2024, PPP Rekom Khofifah-Emil sebagai Cagub dan Cawagub

Meski begitu, elektabilitas Khofifah masih berada di urutan pertama, dengan 35,6 persen. Disusul Emil dengan 19,4 persen. Cak Fauzi berada di tempat ketiga, menempel ketat Emil.

Baca juga: Mengukur Alternatif Duet Khofifah-Kharisma di Pilgub Jatim 2024

"Elektabilitas Cak Fauzi itu 17,3 persen, menempel ketat Emil,” ungkap Baihaqi.

\

Selain Fauzi, ada juga nama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Namun, elektabilitas Eri masih jauh di bawah Cak Fauzi, yakni 5,7 persen. Ada perbedaan 11,6 persen.

Baca juga: Nama KH Marzuki Muncul di Survei Pilgub Jatim 2024, Ini Respons PKB

Baihaqi menilai, Fauzi bisa menjadi “kuda hitam” dalam kontestasi Pilgub Jatim. Selain itu, tokoh muda Madura itu juga dinilai bisa menjadi alternatif yang tepat untuk Khofifah andai tak memilih Emil sebagai calon wakil gubernur.

Survei ARCI dilakukan dalam rentang 22-27 Oktober 2023, menempatkan 1.000 responden melalui wawancara tatap muka, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler