KPU Tulungagung Tetapkan Jumlah Kursi Partai Politik di DPRD

Jumat, 03 Mei 2024 08:09 WIB
Reporter :
Bramanta Pamungkas
Rapat Pleno terbuka penetapan perolehan kursi DPRD Tulungagung. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan anggota DPRD Tulungagung, hasil Pemilu 2024.

Ketua KPU Tulungagung, Mohammad Lutfi Burhani mengatakan penetapan ini dilakukan setelah ada putusan dari MK. Mulai dari proses penghitungan suara hingga rekapitulasi perolehan suara tidak ada sengketa yang diajukan oleh partai politik.

"Malam ini, kita menetapkan perolehan kursi tiap partai serta nama anggota DPRD periode selanjutnya," ujarnya, Kamis (02/05/2024).

Baca juga: 4 Bapaslon di Tulungagung Serahkan Perbaikan Berkas Pendaftaran

Dari total 18 partai politik peserta pemilu, sebanyak 8 partai memiliki perwakilan di DPRD Tulungagung. Kedelapan partai tersebut adalah PDIP, PKB, Golkar, Nasdem, Gerindra, Hanura, PAN, dan PPP. PDIP menjadi pemenang dalam pemilu ini dengan raihan 12 kursi.

Baca juga: Semua Bapaslon di Tulungagung Belum Memenuhi Syarat Administrasi

"Penetapan ini menjadi dasar untuk mengusung calon dalam Pilkada nanti," tuturnya,

\

Setelah penetapan ini, mereka tinggal menunggu jadwal pelatikan. Sesuai jadwal pelantikan akan digelar pada bulan Agustus mendatang. Namun KPU masih menunggu instruksi serta juknis terkait pelantikan ini.

Baca juga: 4 Bapaslon Pilkada Tulungagung 2024 Lolos Tes Kesehatan

"Informasinya nanti akan kita umumkan terkait jadwal pelantikan dan lainnya, ini masih menunggu dari pusat," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Tulungagung

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler