Tak Ada Calon Independen di Pilbup Sidoarjo 2024

Senin, 13 Mei 2024 15:52 WIB
Reporter :
Ahaddiini HM
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo M Iskak. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com)

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo resmi menutup pendaftaran sekaligus penyerahan dukungan untuk bakal calon pasangan perseorangan atau independen pada Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan melalui rapat pleno tertutup Minggu malam. Diputuskan bahwa tidak ada bakal calon bupati dan wakil bupati independen yang mendaftar

"Hingga ditutup tidak ada bakal calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan minimal ke kami. Jadi tidak ada, Sidoarjo nihil calon independen," ucap Ketua KPU Sidoarjo, M. Iskak, Senin (13/5/2024).

Baca juga: Hasil Verifikasi Administrasi, KPU Sidoarjo: Kedua Bapaslon Banyak Kekurangan

KPU Sidoarjo sendiri sebelum penutupan sudah melakukan berbagai tahapan sosialisasi terkait pendaftaran bakal calon perseorangan. Mulai dari syarat minimal dukungan, hingga jadwal penyerahan bukti dukungan.

KPU juga telah menerbitkan surat pengumuman KPU Sidoarjo, nomor 503/PP.06.2-PU/3515/2024 tertanggal 5 Mei 2024 terkait Bakal Calon Perseorangan.

Baca juga: KPU Sidoarjo Umumkan Hasil Tes Kesehatan 2 Paslon Bacabup

"Salah satu poin penting dalam pengumuman tersebut yaitu jadwal pendaftaran dan penyerahan bukti dukungan minimal bakal calon perseorangan. Untuk bukti minimal sebesar 95.007 dukungan yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo," ujarnya.

\

Lebih lanjut untuk pendaftaran calon melalui jalur partai politik akan dilakukan beberapa bulan kedepan. Sehingga masih ada kesempatan bagi calon untuk mencalonkan diri melalui partai politik.

"Pendaftarannya dibuka nanti pada bulan Agustus," terangnya.

Baca juga: Mas Iin - Abah Edy Daftar ke KPU Sidoarjo, Diusung 9 Partai Politik

Mengenai teknis pendaftaran, Iskak belum mengetahui secara pasti, namun menurutnya kemungkinan akan tetap sama dengan tahun sebelumnya.

"Mungkin seperti tahun sebelumnya, kami masih menunggu PKPU," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Sidoarjo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler