Sebelum Dibongkar, Tim Akan Telusuri Keluarga 2 Makam Diduga Pejuang di Jember

Kamis, 20 Jun 2024 19:41 WIB
Reporter :
Sugianto
Konferensi pers di Kantor Kecamatan Tanggul. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebelum 2 makam yang diduga pejuang dibongkar, tim akan menelusuri keberadaan keluarga dari makam diduga pejuang, dalam jangka waktu sebulan.

"Ini misteri bagi kami dan kami akan menelusuri keluarganya, dengan mengumumkan melalui RT/RW," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jember, Akhmad Helmi Luqman saat konferensi pers di Kantor Kecamatan Tanggul, Kamis (20/6/2024).

Tim yang terdiri dari Dinas Sosial, Muspika Tanggul, Administrasi Veteran dan Cadangan (Minvetcad), Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Pemerintah Desa Tanggul Wetan, akan menginformasikan kepada seluruh warga.

Baca juga: Terobos Palang Pintu Kereta Api, 4 Pengendara di Jember Langsung Ditilang

"Jadi agar jelas makam ini, jika dalam waktu satu bulan tidak ada yang konfirmasi ke kami, maka makam tersebut akan kami bongkar," jelas Helmi.

Untuk itu, bagi yang merasa keluarga dari 2 makam yang diduga pejuang yang ditemukan di eks samping Kantor Kecamatan Tanggul, agar segera konfirmasi ke Kantor Kecamatan, Koramil, Kantor desa dan lainnya.

Hal ini dilakukan agar menemukan kejelasan adanya 2 makam yang diduga pejuang tersebut.

Karena menurut data yang didapat dari Minvetcad, memang benar terdapat pejuang atas nama Soedjono dan Sulaeman di wilayah Kecamatan Tanggul, dengan tanda di makam terdapat bambu runcing dan merah putih, namun dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Namun setelah dicari dan ditelusuri hingga kini belum ditemukan makam pejuang tersebut.

"Tadi tim sudah mencari 2 makam pejuang yang tercatat itu, tapi belum ditemukan," ujar Kadinsos.

Baca juga: Tersangka Begal Payudara di Jember Berhasil Diringkus, Korbannya 9 Orang

Untuk pembongkaran 2 makam yang ditemukan, pihaknya juga nanti akan meminta izin pihak terkait, termasuk pemilik bangunan disekitar lokasi.

\

"Nanti harus ada izin, baik pemilik bangunan, pemerintah desa, warga dan lainnya," terang Helmi.

Sementara Danramil Tanggul Kapten Inf Abdul Muntalib menambahkan, dengan adanya penemuan 2 makam yang diduga pejuang ini, merupakan bentuk kepedulian kepada pembela tanah air.

"Saat saya dihubungi terkait penemuan ini, kami merasa masih banyak yang peduli kepada para pejuang dan tidak melepas nilai sejarah," akunya.

Baca juga: Akas Aurora Rute Jember - Jakarta Resmi Beroperasi, Cek Jadwal dan Tarifnya

Bahkan Danramil menyatakan, ada salah satu pejuang di wilayah Semboro yang memiliki teman bernama Soedjono.

"Tapi pejuang atau veteran bernama Pak Ilyas ini tidak mengetahui secara pasti makam temenya itu (Soedjono). Nanti data akan kita kumpulkan dan akan disinkronisasi," katanya.

Jika nanti selama satu bulan belum ada informasi dari pihak keluarga, dirinya bersama tim yang lain akan memindahkan 2 makam yang diduga pepejuan bila ditemukan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).

"Kalau tidak ada laporan dari masyarakat selama sebulan, nanti akan kita pindahkan ke TPU," tandasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler