36 Ribu Pemilih di Tulungagung Sudah Dicoklit di Hari Pertama

Selasa, 25 Jun 2024 18:25 WIB
Reporter :
Bramanta Pamungkas
Petugas pantarlih saat melakukan coklit di wilayah Kecamatan Bandung, Tulungagung. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 3.195 petugas Pantarlih diterjunkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung selama proses pencocokan dan penelitian (Coklit). Selama 30 hari ke depan, mereka akan melakukan verifikasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) hasil sinkronisasi. Proses ini sudah berlangsung sejak kemarin.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tulungagung, Dewa Aditya mengatakan, sebanyak 36 ribu pemilih telah dicoklit oleh pentugas Pantarlih kemarin. Setiap petugas ditargetkan melakukan coklit minimal terhadap 10 KK.

"Kemarin kita sudah melakukan coklit terhadap 36 ribu pemilih sesuai dengan DP4 hasil sinkronisasi," ujarnya, Selasa (25/06/2024).

Baca juga: Logistik Pemilu, 3.298 Kotak Suara Telah Diterima KPU Tulungagung

Ditemukan sejumlah kendala selama proses coklit kemarin berlangsung. Salah satunya, sistem e coklit yang sempat mengalami error.

Menurut Dewa, hal ini lumrah terjadi karena sistem e coklit diakses bersamaan di seluruh Indonesia. Namun hal tersebut tidak terlalu menggangu proses coklit yang berlangsung.

Baca juga: 4 Paslon Pilkada Tulungagung Sepakati Hal Ini dalam Deklarasi Kampanye Damai

"Error server pasti ada karena diakses serentak se-Indonesia tapi proses secara keseluruhan lancar," tuturnya.

\

Pihak KPU sendiri sudah bersurat ke Imigrasi setempat untuk meminta data terkait keberadaan WNA di Tulungagung. Langkah ini diambil guna mengantisipasi adanya WNA yang masuk ke daftar pemilih. Pada pelaksanaan Pemilu lalu, terdapat WNA yang masuk ke dalam daftar pemilih.

Baca juga: Usai Pengundian Nomor Urut, Paslon Tulungagung Mulai Kampanye

"Ini kita sedang menunggu balasan dari pihak Imigrasi," pungkasnya.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Tulungagung

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler