Perayaan Tahun Baru Islam di Jatim Pecahkan Rekor Muri

Sabtu, 06 Jul 2024 16:25 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di halaman Masjid Al-Akbar Surabaya. (Foto-foto: Humas Pemprov Jatim)

jatimnow.com - Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di Jawa Timur sukses tercatat di Museum Rekor Indonesia (Muri). Acara tersebut sukses mengibarkan ribuan bendera Merah Putih terbanyak di lingkungan tempat ibadah atau masjid.

Acara bertajuk 'Muharram Ceria Ibadah Gembira' ini selain dibuka oleh Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, juga dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan umum Kemendagri RI Togap Simangunsong, Forkopimda Provinsi Jawa Timur dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jatim.

"Ini apresiasi mengadakan kegiatan untuk memberikan kebahagiaan kepada masyarakat. Jatim ikut andil dengan rekor mengibarkan bendera untuk memenuhi rekor 10 juta dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Jatim untuk Indonesia," ucap Adhy Karyono, usai jalan sehat di halaman Masjid Al-Akbar Surabaya, Sabtu (6/7/2024).

Baca juga: Bubur Suro, Sajian Khas Peringati Tahun Baru Islam di Sidoarjo

Rute jalan sehat kali ini start di Menara Masjid Al Akbar - Jalan Masjid Al Akbar Utara - Jalan Masjid Al Akbar Barat - Jalan Masjid Al Akbar Selatan - Jalan Raya Wisma Pagesangan - Jalan Gayungsari Barat - Jalan Gayungsari Barat III - Jalan Pagesangan Baru V - Jalan Pagesangan Baru VI - Jalan Pagesangan Baru VIII - Jalan Masjid Al Akbar Timur - Finish Pintu Utama Timur Masjid Al Akbar.

Selain itu, peserta juga memperebutkan hadiah doorprize utama berupa 10 umrah gratis yang diundi langsung oleh Pj Gubernur Adhy dan Plh. Dirjen Polpum Kemendagri.

Undian doorprize menarik lainnya adalah 3 unit sepeda motor, 7 unit sepeda gunung, 5 unit kulkas, 5 unit laptop, dan 5 unit TV oleh kepala perangkat daerah dan panitia pelaksana.

Sementara terkait dengan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijirah, Adhy mengajak masyarakat khususnya umat muslim untuk memetik perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah yang bertujuan untuk kebaikan. Maka hal itu dapat dimaknai bersama jika Jawa Timur harus terus ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Siswa SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo Dapat Wejangan dr Gamal Abinsaid

"Tentunya dalam rangka 1 Muharram, kita renungkan kembali bagaimana perjalanan Nabi Muhammad SAW, hijrah dari Makkah ke Madinah. Kita belajar bagaimana berpindah untuk suatu kebaikan," katanya.

\

"Mudah-mudahan kita selalu dibukakan pintu kesehatan, pintu keberkahan, pintu rezeki untuk masyarakat Jawa Timur. Semoga Jawa Timur tetap sejahtera, lebih maju untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," tambah Adhy.

Sementara Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan umum Kemendagri RI Togap Simangunsong menilai, kegiatan peringatan 1 Muharram dan pengibaran bendera merah putih di lingkungan masjid lebih meningkatkan rasa nasionalisme salah satunya simbol bendera merah putih.

"Mulai tanggal 8 Juni mencanangkan 10 juta bendera yang dimulai di IKN Penajam Paser. Diikuti seluruh provinsi. Puncaknya nanti di IKN sebagai kontribusi menyemarakkan IKN yang baru," ungkapnya.

Baca juga: Wow! Puluhan Ribu Warga Jatim Meriahkan Gowes Bareng Gubernur Khofifah

Ia berharap, rekor Muri yang sukses dipecahkan Pemprov Jatim ini bisa membangkitkan nilai spiritual untuk dasar semakin cinta pada Tanah Air.

"Menerima rekor Muri yang sudah diverifikasi diharapkan dari Jatim membangkitkan semangat nasionalisme dari Sabang Merauke, dari Miangas sampai Rote," imbuhnya.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler