Pemkab Lamongan Ajak Warga Tingkatkan Konsumsi Ikan, Gelar Demo Masak dan UMKM

Jumat, 19 Jul 2024 18:43 WIB
Reporter :
Adyad Ammy Iffansah
Ikan hasil tangkapan nelayan Lamongan. (Foto : Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemkab Lamongan terus berupaya meningkatkan angka konsumsi masyarakat terhadap komoditas ikan. Ini karena aneka kelebihan dan kandungan zat pada ikan. Selain itu, Lamongan dikenal sebagai daerah yang sangat produktif dari beragam jenis ikan hasil budidaya maupun hasil laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lamongan, Yuli Wahyuono mengungkapkan upaya yang terus digalakkan, yakni melalui program Gemarikan.

Program itu digelar menyeluruh dan inovatif dengan menyasar berbagai sektor di antaranya sektor penuntasan stunting di Kecamatan Deket, Turi, Sukodadi dan Glagah. Kemudian sektor masyarakat kurang sejahtera di Kecamatan Sambeng, Babat, Sugio dan Modo.

Baca juga: Bagikan Kupon 3000 Porsi, Ketua Forikan Kota Pasuruan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

"Lalu sektor masyarakat umum, yakni Kecamatan Lanongan, Tikung, Sukodadi, Karanggeneng, Sarirejo, Bluluk, Ngimbang, Solokuro dan Karangbinangun," ungkap Kepala DKP Lamongan, Jumat (19/7/2024).

Diungkapkan oleh Yuli Wahyono, dalam Gemarikan tidak hanya melakukan sosialisasi pentingnya mengkonsumsi ikan, melainkan mengedukasi cara mengolah ikan dengan mengadakan demo masak kepada ibu-ibu, bekerja sama dengan UMKM untuk mengemas ikan menjadi makanan ringan yang sehat dan menarik.

Baca juga: Fatma Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

"Konsumsi ikan sungguh memiliki keunggulan dari segi gizi yang tinggi, harga yang terjangkau, serta ketersediaan bahan yang berlimpah. Tugas kami ialah mengolah ikan menjadi makanan yang menarik dikonsumsi. Makanya kita adakan demo masak olahan ikan dan bekerja sama dengan UMKM untuk menciptakan makanan ringan yang sehat. Sosialisasi juga kita berikan untuk siswa-siswi agar mereka sadar akan pentingnya konsumsi ikan," ungkapnya.

\

Sementara itu, atas program ini, capaian angka konsumsi ikan pada 2023 di Kabupaten Lamongan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Tur Keliling Jatim, Mbak Arumi Sosialisasikan Pentingnya Konsumsi Ikan

"Pada awal bulan Juli kemarin, angka konsumsi ikan Kabupaten Lamongan dinyatakan meningkat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yakni sebesar 65,98 kg/kapita/tahun. Secara rinci capaian Lamongan pada tahun 2022 sebesar 59,21 kg/kapita/tahun, dan tahun 2021 sebesar 56,83 kg/kapita/tahun," tutur Yuli.

Selain itu juga didasari faktor potensi sari laut yang dimiliki Kabupaten Lamongan. Berdasarkan akumulasi tahun 2021 hingga 2023, hasil perikanan tangkap sebanyak 87.218.84 ton. Sedangkan hasil perikanan budidaya sebanyak 48.978.07 ton dan produksi hasil olahan perikanan sebanyak 92.052.890 kg.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Lamongan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler