Waspadai Gagal Ginjal di Usia Muda, Hindari 7 Kebiasaan Ini sebelum Terlambat!

Kamis, 19 Sep 2024 12:03 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Ilustrasi pasien rawat inap akibat gagal ginjal (dok.jatimnow.com)

jatimnow.com - Gagal ginjal seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan yang menyerang orang tua. Namun, pada kenyataannya penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk mereka yang masih muda.

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan racun dari tubuh lewat proses buang air kecil. Adapun gagal ginjal terjadi ketika salah satu atau kedua ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kondisi ini dapat bersifat sementara (akut) yang terjadi secara tiba-tiba dan mungkin kembali normal. Namun juga dapat berkembang dalam waktu yang lama menjadi gagal ginjal kronis yang dapat berujung pada berbagai komplikasi yang bahkan mengancam nyawa.

Diantara berbagai penyebab gagal ginjal, gaya hidup yang kurang sehat serta kebiasaan buruk sehari-hari menjadi satu hal yang seringkali kurang disadari dan disepelekan. Akhirnya berpotensi meningkatkan resiko seseorang terkena gagal ginjal di usia muda.

Baca juga: Dear Moms! Pahami Dehidrasi pada Bayi, Ciri dan Cara Penanganannya

Gagal ginjal menjadi kondisi serius yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperburuk kesehatan ginjal dan menghindarinya sebelum terlambat.

1. Kurang Minum Air Putih

Kebiasaan buruk ini seringkali disepelekan. Padahal minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga dapat terjadi pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Penting untuk minum air putih setidaknya 8 gelas hingga 2 liter setiap hari.

2. Konsumsi Garam Berlebihan

Makanan olahan, camilan asin, serta makanan cepat saji adalah contoh makanan yang tinggi garam. Jenis makanan yang digemari anak muda ini ternyata beresiko menyebabkan penyakit berbahaya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, yang menjadi salah satu penyebab utama gagal ginjal.

3. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu dapat berpotensi merusak ginjal. Salah satunya adalah obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen. Pemakaian jangka panjang secara berlebihan dan tanpa resep dokter dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat tersebut.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut Akibat Anak Gopok

4. Kebiasaan Merokok

\

Kebiasaan merokok bukan hanya merusak paru-paru, tetapi juga berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Zat kimia dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sehingga mengurangi aliran darah ke ginjal dan memperlambat kerja ginjal. Bagi mereka yang merokok memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis.

5. Konsumsi Gula Berlebihan

Selain garam, konsumsi tinggi gula juga dapat beresiko menyebabkan gagal ginjal. Makanan atau minuman manis yang dikonsumsi secara berlebihan menjadi pemicu utama diabetes, yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Kadar gula yang meningkat dalam darah secara perlahan akan merusak pembuluh darah dalam ginjal sehingga ginjal tidak dapat menyaring darah dengan optimal.

6. Kurang Aktivitas Fisik

Baca juga: Tips Menghindari Risiko Gagal Ginjal, Mau Coba?

Gaya hidup yang kurang melakukan aktivitas fisik atau olahraga dapat meningkatkan risiko obesitas (kelebihan berat badan). Dari obesitas dapat menyebabkan hipertensi dan diabetes. Kedua kondisi ini juga menjadi penyebab utama gagal ginjal. Sehingga penting untuk berolahraga secara teratur untuk agar tubuh tetap sehat, menjaga berat badan ideal, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan ginjal.

7. Minum Minuman Beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko gagal ginjal kronis hingga dua kali lipat. Bahkan, menjadi lima kali lipat bagi mereka yang pecandu alkohol sekaligus perokok. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai berhenti dari kebiasaan ini untuk menjaga ginjal tetap sehat.

 

Reporter: Aulia

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler