KPU Kabupaten Kediri Tetapkan DPT Pilkada 2024 Sebanyak 1.254.964 Pemilih

Jumat, 20 Sep 2024 13:00 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2024. Acara berlangsung di Aula Hotel Lotus Garden, Kota Kediri, Jumat (20/9/2024).

Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Moh Isnaini memaparkan bahwa jumlah desa yang terlibat dalam pemilihan ini mencapai 344 desa. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan didirikan sebanyak 2.348 TPS. Dalam rinciannya, jumlah pemilih laki-laki tercatat sebanyak 630.299 orang, sedangkan jumlah pemilih perempuan mencapai 624.665 orang.

“Dengan demikian, total jumlah keseluruhan DPT di Kabupaten Kediri adalah 1.254.964 pemilih,” ujarnya.

Baca juga: Viral, Bacagub Jatim Luluk Nur Hamidah Mulai Sindir Calon Lain

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kediri Nanang Qosim menegaskan pentingnya validitas dan akurasi data pemilih untuk memastikan kelancaran dan integritas proses pemilihan.

Baca juga: Gerak Senyap Fauzan Fuadi Gantikan Anna Mu'awanah

"Kami berkomitmen untuk menjaga transparansi dan keakuratan data pemilih. Dengan jumlah pemilih yang besar ini, koordinasi dan kerja sama antar seluruh pihak sangat diperlukan agar pemilihan dapat berjalan dengan lancar dan demokratis," tegas Nanang.

\

Acara ini juga dihadiri oleh pejabat KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), perwakilan dari Polri dan TNI, pemantau pemilu dari kejaksaan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kediri, serta Liaison Officer (LO) dari pasangan calon. Kehadiran berbagai pihak ini menunjukkan keseriusan dan komitmen bersama dalam memastikan pemilu berjalan dengan baik dan adil.

Baca juga: Warga Ingatkan KPU Kabupaten Kediri Netral saat Pilkada 2024

Dengan penetapan DPT ini, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Kediri dapat berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi yang akan datang, serta memastikan hak pilih mereka terlindungi dan terfasilitasi dengan baik.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Kediri

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler