DPRD Ponorogo Hanya Punya 3 Pimpinan Definitif, Kok Bisa?

Sabtu, 21 Sep 2024 16:20 WIB
Reporter :
Ahmad Fauzani
Rapat paripurna DPRD Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com – DPRD Ponorogo resmi mengumumkan pimpinan definitif. Namun, dalam rapat paripurna itu, baru diumumkan tiga dari empat nama yang seharusnya berhak menduduki posisi tersebut.

Ketua DPRD Ponorogo Sementara, Dwi Agus Prayitno, menjelaskan sampai saat ini baru ada surat dari tiga partai yang mengusulkan nama untuk pimpinan definitif. Yakni, PKB, Partai NasDem dan Gerindra.

“PKB itu Dwi Agus Prayitno, Partai NasDem itu Pamudji dan Partai Gerindra – Anik Suharto,” ungkap Kang Wie, sapaan akrab Dwi Agus Prayitno, Sabtu (21/9/2024).

Baca juga: 7 Fraksi DPRD Ponorogo Telah Terbentuk, Berikut Susunan Pengurusnya

Seharusnya ada 4 partai pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Ponorogo yang berhak menduduki posisi pimpinan definitif DPRD.

Baca juga: PKS dan PPP Bentuk Fraksi Pembangunan Sejahtera DPRD Ponorogo

Sementara itu, PDI Perjuangan belum mengirimkan surat usulan dari DPP PDI Perjuangan, sehingga nama pimpinan dari partai tersebut belum bisa diumumkan.

\

"PDI Perjuangan masih menunggu surat dari DPP, tapi ini tidak menghambat pembentukan pimpinan definitif," kata Kang Wie.

Baca juga: Jelang Pembentukan Fraksi DPRD Ponorogo, PAN Belum Tentukan Sikap

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3/3434/SJ, pelantikan pimpinan definitif tetap bisa dilakukan meski tidak semua nama diumumkan. Surat pengajuan 3 pimpinan definitif sudah dikirim ke gubernur melalui bupati untuk diproses lebih lanjut.

Kang Wie juga menambahkan bahwa waktu semakin mendesak, dan alat kelengkapan DPRD perlu segera diselesaikan. Meski begitu, ia meyakini bahwa surat dari PDI Perjuangan akan segera turun, seperti yang juga terjadi di DPRD Kabupaten Mojokerto yang mengalami situasi serupa.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ponorogo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler