DPRD Surabaya: Pembangunan Tingkat Kelurahan Butuh Kesinambungan Inovasi

Kamis, 19 Sep 2024 18:03 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
Pimpinan sementara DPRD Surabaya Bahtiyar Rifai. (Foto: Ni’am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - DPRD Surabaya mendorong agar pemerintah di tingkatan kelurahan bisa melakukan metode pembangunan berkelanjutan. Tujuannya agar pemerataan infrastruktur bisa terealisasi di seluruh wilayah. Salah satu implementasinya adalah saat gelaran musrenbang dilakukan. 

Pimpinan sementara DPRD Surabaya Bahtiyar Rifai mengungkapkan, pembangunan berkesinambungan ini sangat penting diterapkan di lapangan. Utamanya pembangunan yang direalisasikan melalui strata kepemimpinan akar rumput yakni kelurahan. 

"Contohnya begini, membangun saluran jangan bangun ketika kebutuhannya 100 meter tapi yang dibangun hanya 30 meter. Jangan sampai ketika lurahnya ganti, maka fokus pembangunannya berubah," kata Bahtiyar, Kamis (19/9/2024).

Baca juga: Bocoran Sosok Pimpinan DPRD Surabaya Periode 2024-2029

Legislator dari Fraksi Gerindra itu mengatakan, ketika gelaran musrenbang kelurahan, para lurah harus melibatkan seluruh unsur RT-RWnya. Sehingga, serapan aspirasi warga perihal mana pembangunan yang urgent dan tidak itu bisa terpetakan. 

Dari situ, baru pemerintah bisa merumuskan mengenai pembangunan yang berkesinambungan ini seperti apa realisasinya.

Baca juga: Deklarasi Coblos Kotak Kosong di Pilwali Surabaya 2024 Kian Masif

"Jadi yang urgent itu diutamakan. Jangan yang tidak urgent yang diutamakan," tuturnya. 

\

Saat ini, masih banyak menurut dia pembangunan yang belum berkesinambungan di tingkat kelurahan. Salah satunya seperti yang ada di sekitar area Kedungdoro. Dia mengungkapkan, di area tersebut realisasi pembangunan saluran ini sudah terlaksana sejak lama. Namun, untuk perbaikan ulang jalannya belum terlaksana hingga sekarang. 

"Jadi penataan itu penting agar tidak berdampak pada masyarakat. Contoh kecil di Petemon itu satu gang full dibangun gorong-gorong dan diaspal. Nah itu bagus. Harapan saya ya di daerah lain itu berkesinambunhan juga seperti itu. Karenaitu penting jangan sampai ganti lurah ganti kebijakan," ujarnya. 

Baca juga: Arif Fathoni Emban Amanah Golkar jadi Pimpinan DPRD Surabaya Periode 2024-2029

Oleh karena itu, dia mendorong agar para lurah bisa meningkatkan inovasinya dalam hal pembangunan yang berkesinambungan ini. Dia pun menyampaikan, bila memang para lurah butuh untuk berkoordinasi dengan pihak PU Bina Marga semisal, dia pun mengaku siap untuk memfasilitasi. 

"Kami di fraksi setiap dapil ada, kami akan mengawal betul setiap orogram yang ada di kelurahan. Karena harapan kami, APBD itu dapat dirasakan penuh oleh masyarakat. Saat ini memang saluran yang penting untuk mencegah adanya banjir di Surabaya," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler