Pilwali Surabaya 2024 Resmi Diikuti 2.229.224 Daftar Pemilih Tetap

Minggu, 22 Sep 2024 18:42 WIB
Reporter :
Ni'am Kurniawan
ilustrasi. Simulasi coblosan. (Foto: dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - KPU Surabaya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilwali Surabaya 2024. Sebanyak 2.229.224 orang, dinyatakan sah masuk dalam DPT dan berhak menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak, 27 November nanti.

Rincian DPT terdiri dari pemilih jenis kelamin laki-laki sebanyak 1.081.042 orang dan perempuan 1.148.202 orang.

Mereka yang tercatat dalam DPT, nantinya akan menggunakan hak pilihnya di 3.964 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tersebar di 31 kecamatan dan 153 kelurahan.

Baca juga: 27.748 Formasi KPPS Surabaya Dibuka, Berikut Syaratnya

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Surabaya, Naafilah Astri Swarist menyatakan, DPT Pilwali Surabaya 2024 kali ini telah disahkan dengan dihadiri oleh tim bakal pasangan calon. Baik itu bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, serta gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

"Tentu juga ada teman-teman Bawaslu Kota Surabaya, yang sama-sama meneliti dan mencermati sampai akhir," ujar Naafilah, dalam siaran resminya, Sabtu (21/9/2024).

Baca juga: Mantan Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi jadi Ketua Tim Pemenangan Eri-Armuji

Naafilah menambahkan, sebelum disahkan di tingkat KPU Surabaya, DPT juga sudah diplenokan ditingkat PPK, yang dalam perjalanannya juga memperhatikan saran perbaikan dari Panwas Kecamatan masing-masing.

\

Terakhir, dalam sidang pleno terbuka yang dihadiri perwakilan dari Pemkot, TNI, Polri, Kejaksaan dan Pemantau Pemilu 2024, berlangsung lancar.

Baca juga: Pendukung Kotak Kosong Siap Gembosi Suara Eri-Armuji di Pilwali Surabaya 2024

Jumlah DPT yang dibacakan oleh masing-masing PPK, juga tidak ada kejadian yang signifikan. Hanya sebatas masukan, sekaligus croscek dari Bawaslu Surabaya.

"Hasilnya, DPT sudah ditetapkan. Harapannya, yang sudah terdaftar, jangan lupa datang ke TPS," terangnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler