Deklarasi Kampanye Damai di Bangkalan, KPU Sebut Sesuai Pembangunan Demokrasi

Rabu, 25 Sep 2024 12:41 WIB
Reporter :
Fathor Rahman
Deklarasi Kampanye Damai di Bangkalan (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - KPU Bangkalan menggelar Deklarasi Kampanye Damai dihadiri 2 pasangan calon (paslon) Pilkada Bangkalan secara langsung.

Ketua KPU Bangkalan, Elmi Abbas mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti keputusan KPU RI nomor 2099 tentang pelaksanaan Kampanye Damai di Pilkada 2024, sesuai yang diamanatkan dalam peraturan KPU nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati tahun 2024.

Elmi menegaskan, deklarasi yang dilakukan adalah wujud pelaksanaan kampanye tertib, damai dan berintegritas.

Baca juga: PWI Bangkalan Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Pj Bupati: Ini Arti Pentingnya Pers

“Deklarasi ini tertuang dalam surat keputusan KPU Bangkalan nomor 01 tahun 2024. Kampanye harus dilaksanakan sesuai petunjuk teknis yang sudah ditentukan,” ungkapnya, Selasa (24/9/2024) malam.

Ia juga berharap semua pihak yang hadir dalam kegiatan Deklarasi Kampanye Damai ini bisa menjadi saksi untuk menegakkan dan mewujudkan pilkada yang sesuai dengan pembangunan demokrasi di Bangkalan.

Baca juga: Aliansi Fajar Timur di Kota Malang Serukan 3 Poin untuk Pemilu Damai 2024

“Melalui kegiatan ini, mari kita bersama-sama belajar untuk menerima dan kembali bersatu dalam semangat keberagaman,” tuturnya.

\

Selain itu, Deklarasi Kampanye Damai sebagai komitmen antara lain mewujudkan pemilihan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Melaksanakan kampanye yang aman, tertib, damai, tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang, serta mematuhi peraturan undang-undang yang berlaku.

“Deklarasi Kampanye Damai ini merupakan komitmen bersama untuk menjalankan kampanye yang tertib, damai, dan sesuai dengan aturan yang berlaku, adapun masa kampanye Pilkada 2024 terlaksana mulai 25 September - 23 November 2024,” pungkasnya.

Baca juga: GEN Jatim Serukan Pemilu Damai, Hindari Konflik dan Perpecahan

Kegiatan tersebut digelar di halaman Stadion Gelora Bangkalan (SGB) dihadiri oleh Ketua dan Komisioner Bawaslu Bangkalan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bangkalan, PPK se-Kabupaten Bangkalan, ketua partai politik, kedua calon Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Bangkalan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler