DPRD Jatim Ajak Mahasiswa Tangkal Hoax Pilkada 2024

Rabu, 25 Sep 2024 16:25 WIB
Reporter :
jatimnow.com
Anggota DPRD Jawa Timur, Adam Rusydi. (Foto: dok. Humas DPRD Jatim)

jatimnow.com - Anggota DPRD Jawa Timur, Adam Rusydi mengajak generasi muda tak hanya jadi penonton dalam gelaran Pilkada 2024 ini. Generasi muda harus aktif berpartisipasi. Terutama peran mahasiswa dalam menangkal hoax seputar Pilkada.

"Mahasiswa harus cerdas, jangan hanya menerima informasi dari satu sumber, tetapi perlu menganalisis dan memastikan kebenarannya. Menangkal hoax adalah bagian dari peran mereka dalam menjaga demokrasi,” tegas Adam, Rabu (25/9/2024).

Politisi muda Partai Golkar ini pun menekankan pentingnya pemuda menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas demokrasi.

Baca juga: DPRD Jatim Salut Jawa Timur Juara 3 PON XXI, tapi Ini Catatannya

Ia juga mengapresiasi keberhasilan program KPU dan Bawaslu yang sebelumnya menyasar pendidikan politik di kalangan pelajar dan mahasiswa, serta mengajak organisasi pemuda untuk terus aktif dalam pengkaderan politik.

Pesan Adam ini juga sejalan dengan pembentukan Satgas Demokrasi oleh KPU Jawa Timur yang resmi diluncurkan pada Sabtu malam (21/9/2024).

Satgas yang terdiri dari ribuan mahasiswa dari organisasi kepemudaan seperti GMKI, PMII, HMI, dan GMNI ini diharapkan menjadi motor penggerak dalam menjaga kualitas Pilkada dari penyebaran hoaks dan praktik politik uang.

Adam memuji inisiatif tersebut dan berharap generasi muda tidak hanya fokus pada pengkaderan politik dalam organisasi, tetapi juga ikut serta aktif dalam setiap tahapan pemilu.

Baca juga: Bocoran Nama Kandidat Calon Pimpinan DPRD Jatim Periode 2024-2029

“Generasi muda kita sudah semakin cerdas, kita yakin mereka tidak mudah disusupi kepentingan politik tertentu. Dengan proses pengkaderan yang baik di organisasi ekstra kampus, kita optimistis mereka akan mampu memfilter informasi dan berpolitik dengan bijak,” ujarnya.

\

Lebih jauh, Adam Rusydi menekankan pentingnya membangun kesadaran politik di kalangan pemuda.

“Bagaimana generasi muda ini? Kita harus benar-benar mengajak mereka terlibat dalam proses demokrasi ini. Jiwa-jiwa demokrasi harus terpatri dalam diri mereka, sehingga mereka paham bahwa masa depan bangsa ini ada di tangan mereka," jelasnya penuh semangat.

Ia mengingatkan, partisipasi aktif dalam politik bukan hanya hak, tetapi juga tanggung jawab yang harus dipikul oleh setiap generasi muda.

Baca juga: PKB Sodorkan Nama Musyafak Rouf jadi Ketua DPRD Jatim

Apalagi, momentum Pilkada Jatim 2024 akan menjadi ajang penting untuk menentukan masa depan Jawa Timur selama lima tahun ke depan.

Dengan ajakan ini, Adam Rusydi berharap Pilkada 2024 tidak hanya menjadi pesta demokrasi bagi elite politik, tetapi juga momentum kebangkitan generasi muda dalam menjaga integritas demokrasi.

“Jika kita bisa menjaga semangat ini, saya yakin Pilkada Jatim akan berjalan damai, jujur, dan adil. Partisipasi generasi muda adalah kunci,” pungkas dia.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler