Kinerja Terminal Teluk Lamong Meningkat Berkat Pelayanan yang Andal dan Efisien

Jumat, 27 Sep 2024 14:16 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Proses bongkar muat di Terminal Teluk Lamong Surabaya (Foto: Humas Terminal Teluk lamong)

jatimnow.com - PT Terminal Teluk Lamong (TTL) mencatatkan peningkatan kinerja selama bulan Agustus 2024, jumlah kunjungan kapal naik sebesar 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Tercatat di bulan Agustus, total kunjungan ada 132 unit kapal dengan 1.284.253 GT. Jumlah itu mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 total kunjungan 122 unit kapal dengan 1.179.349 GT atau naik 8 persen.

Peningkatan kunjungan ini disebabkan kinerja bongkar muat yang semakin baik sehingga menghasilkan port stay kapal yang lebih singkat.

Baca juga: IPC TPK Raih Penghargaan Perusahaan Terpercaya di CGPI Award 2022

Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong, David Pandapotan Sirait mengatakan, dengan adanya kepercayaan yang terus meningkat dari Shipping Line dan pelanggan merupakan bukti atas komitmen PT Terminal Teluk Lamong dalam memberikan pelayanan yang andal dan efisien.

"Kepercayaan shipping line yang terus meningkat merupakan hasil dari kinerja operasional yang excellent, kami yakin hingga akhir tahun inipun kinerja TTL akan semakin baik," ujar David.

Keberhasilan ini menjadikan Terminal Teluk Lamong sebagai terminal pilihan yang mampu mengakomodir kebutuhan operasional yang terus berkembang dan memastikan pengiriman yang lebih efisien bagi mitra dan pelanggan.

Baca juga: TTL Dipercaya Layani Rute Baru ke India dan Timur Tengah di Penghujung Tahun 2023

Efisiensi ini mendorong Shipping Line untuk menambah kapal baru dan membuka rute-rute baru, termasuk rute baru dari PT Meratus Line (Surabaya – Tangkiang - Kendari), PT SPIL (Balikpapan – Palu), dan Tanto (Makassar-Kendari).

\

Termasuk juga di bulan Agustus, terdapat penambahan service baru International CIX Service tujuan Intra Asia dan sebelumnya gabungan dari Wanhai Line-InterAsia Line dan KMTC untuk tujuan MiddleEast dan India Sub kontinen.

"Kehadiran rute-rute baru ini tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan kapal, tetapi juga memperluas jangkauan logistik Terminal Teluk Lamong, serta memberikan opsi distribusi yang lebih luas bagi pelanggan," sambungnya.

Baca juga: IPC TPK Pertahankan Capaian SNI Award 2023

Selain itu, efek peningkatan kunjungan kapal ini juga terlihat pada arus petikemas yang turut mengalami peningkatan sebesar 10% dari tahun sebelumnya, yakni 72.722 Teus menjadi 79.948 Teus pada tahun 2024. Secara Year To Date (YTD) hingga Agustus 2024, jumlah arus petikemas meningkat 6,4% dari 546.324 Teus menjadi 581.525 Teus.

"Tercatat hingga Agustus 2024, jumlah kunjungan kapal juga meningkat dari 730 unit kapal menjadi 809 unit kapal. Hal ini mencatatkan kenaikan kunjungan kapal sebesar 10.8 persen," pungkasnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler