2 Kelompok Begal Diamankan Polres Lamongan, 1 Pelaku Berusia 13 Tahun

Rabu, 02 Okt 2024 20:00 WIB
Reporter :
Adyad Ammy Iffansah
Konfrensi pers ungkap kasus begal dan pengeroyokan oleh Polres Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Polres Lamongan mengamankan dua kelompok begal yang meresahkan masyarakat Kota Soto. 1 pelaku di antaranta merupakan bocah berusia 13 tahun.

Anak itu adalah RS asal Bandung, Jawa Barat. RS diamankan dengan kondisi babak belur dihajar warga usai beraksi di Desa Jebul Kidul, Sugio, Lamongan di Jl. Lamongrejo, Sidokumpul, Lamongan pada Kamis (19/9/2024) lalu.

Kasatreskrim Polres Lamongan, AKP I Made Suryadinata mengatakan bahwa RS tidak sendirian. Aksinya itu bersama seorang rekan yakni D warga Pati, Jawa Tengah yang kini masuk dalam jajaran Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Lamongan.

Baca juga: Supeltas di Lamongan Dibegal ABG asal Bandung

"Pelaku anak kini dibina di sebuah yayasan, Dpo inisial D dari Pati. Motif pelaku keterbatasan ekonomi dan seorang pengangguran. Kami amankan sajam celurit," ujarnya, Rabu (2/10/2024).

Sementara itu, 2 pelaku lainya merupakan sebuah komplotan begal yang beroperasi di jalan jurusan Tikung - Mantup. 

Baca juga: Polisi Amankan 8 Remaja Pelaku Kejahatan di Ngagel Surabaya

Saat di Desa Wonokrono, Kecamatan Tikung, kedua pelaku menendang kendaraan korban hingga terjatuh. Setelah itu, sepeda motor korban dibawah oleh komplotan ini. 

\

Kasus ini terungkap setelah polisi berhasil melacak keberadaan sepeda motor yang dibegal yang dibeli seorang penadah. Kemudian dilakulan pendalaman dan tertangkaplah HW (41) yang berperan sebagai joki dan menendang motor korbannya.

"Pelaku cukup sadis yakni menendang sepeda motor korbanya, kemudian terjatuh dan sepeda motor dibawa oleh para pelaku," ungkap AKP I Made Suryadinata.

Baca juga: Ditawari Bantuan, Pemuda Asal Bangsalsari Jember Malah jadi Korban Begal

Atas tindakanya, 3 palaku begal dikenakan pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman 12 tahun penjara.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Lamongan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler