Antisipasi Potensi Bencana Megathrush di Pesisir Pantai, BPBD Jember Gelar FGD

Rabu, 02 Okt 2024 20:25 WIB
Reporter :
Sugianto
FGD antisipasi bencana megathrust di Aula Pemkab Jember (Foto: BPBD/jatimnow.com)

jatimnow.com - Antisipasi potensi bencana megathrust khusunya di pesisir pantai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember menggelar Forum Group Discussion (FGD). Hadir sebagai peserta FGD dari berbagai elemen di Aula PB Sudirman Pemerintah Kabupaten Jember, Rabu (2/10/2024).

Gempa megathrust adalah gempa bumi yang sangat kuat yang terjadi di zona megathrust, yaitu zona subduksi aktif di mana lempeng tektonik samudra menekan di bawah lempeng tektonik benua. Gempa megathrust dapat menyebabkan tsunami.

Kepala BPBD Jember, Widodo menyampaikan, bahwa ada beberapa kecamatan di Jember yang memiliki potensi terdampak bencana tersebut, khususnya di daerah pesisir.

Baca juga: Ratusan Jeep di Jember Susuri Wisata yang Indah dan Memesona

Di antaranya, Kecamatan Tempurejo, Ambulu, Wuluhan, Puger, Gumukmas, dan Kencong.

"Ada 12 desa di sepanjang pesisir yang tidak hanya akan terdampak, tetapi dampaknya diperkirakan akan melebihi desa-desa di pinggir pantai tersebut," katanya.

Baca juga: Porseni PGRI Jember, Momentum Perjuangan para Guru

Menurutnya, penanganan bencana ini menjadi tanggung jawab bersama. Kolaborasi dari semua aspek, ditambah dengan penguatan desa tangguh bencana, sangat diperlukan.

\

"Sehingga, ada koneksi yang baik antara masyarakat dan pemerintahan desa, meminimalkan korban ketika bencana terjadi tiba-tiba," ujarnya.

Baca juga: Peralihan Rekening Guru Ngaji, Wabup Jember Pastikan Semua Insentif Bisa Diambil

Salah satu pemateri dalam FGD, Ma'muri, yang juga merupakan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Malang menyatakan, koordinasi yang baik perlu diperkuat melalui kegiatan FGD.

"Diharapkan nanti segala persiapan dapat tepat sasaran, ketika bencana terjadi secara tiba-tiba. Meskipun kita tidak menginginkan bencana, setidaknya kita memiliki persiapan yang matang untuk menanggulanginya," harapnya.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler