Waga Lamongan Temukan Goa Bawah Tanah saat Gali Sumur

Jumat, 04 Okt 2024 17:25 WIB
Reporter :
Adyad Ammy Iffansah
Penampakan goa bawah tanah yang ditemukan warga Desa Lawangan Agung, Sugio, Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Warga Dusun Sidowayah, Desa Lawangan Agung, Kecamatan Sugio, Lamongan dihebohkan dengan penemuan goa bawah tanah.

Goa tersebut ditemukan saat warga setempat, Supranoto berniat membuat sumur gali tepat di depan halaman rumahnya.

Dibantu Sutaji seorang ahli pembuat sumur, Supranoto mulai membuat sumur pada Selasa (24/9/2024) lalu. Pekerjaan terus berjalan sampai Rabu (2/10/2024) di kedalaman 5 sampai 6 meter.

Baca juga: 2 Kelompok Begal Diamankan Polres Lamongan, 1 Pelaku Berusia 13 Tahun

Pada kedalaman itu, Sutaji mendadak menghentikan pekerjaan karena tanah sumur ambles kebawah. Saat ambles kemudian tercium bau menyengat dari dalam sumur.

"Pas dapat 5 atau 6 meter (kedalaman sumur), tiba-tiba tanahnya ambles ke bawah," kata Sutaji, saat ditemui di lokasi penggalian sumur, Jumat (4/10/2024).

Karena merasa tidak wajar, keesokan harinya Kamis (3/10/2024) Sutaji beserta Sudha Prastia anak pemilik rumah memberanikan diri untuk memastikan apa yang terjadi.

Alangkah terkejudnya mereka saat ada area luas mirip bungker dan terdapat lorong gua. Didalamnya dipenuhi kelelawar dan bau dari kotoran hewan nokturnal tersebut.

Baca juga: Eksistensi Batik Khas Lamongan, Potensi Penjualan Tembus Rp20 Miliar

Menurut Zudha, didalam goa terdapat bagian yang cukup lega. Kemudian lorong goa juga bercabang ke beberapa arah. Ada yang ke utara, selatan, timur dan barat.

\

"Lorong yang ke arah utara yang busa dimasuki sekitar 6 atau 7 meter, yang ke selatan mungkin 5 meter. Tapi (lorong) yang ke timur dan barat sempit, sepertinya buntu," kata Zudha.

Namun tidak diketahui secara pasti di mana ujung dari lorong goa tersebut, yang membuat ribuan kelelawar bisa masuk dan bersarang di dalam goa.

Baca juga: Geger Pria Misterius Terkapar Muntah Darah Depan Pertokoan Lamongan

"Di dirumah warga yang ada belakang rumah saya juga ada lubang seperti ini. Sudah ditemukan sejak lama. Tapi nggak tahu lubang yang di sini apakah tembus ke sana atau tidak. Karena saya tidak berani melanjutkan untuk menelusuri lorongnya," kata Zudha.

 

 

Tags :
Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Lamongan

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler