Nelayan Jember Temukan Perahu Jukung di Nusa Barong, Mesin Hidup Tanpa ABK

Minggu, 06 Okt 2024 14:25 WIB
Reporter :
Sugianto
Perahu tanpa ABK yang ditemukan nelayan (Medsos)

jatimnow.com - Nelayan Jember menemukan perahu jukung dalam kondisi mesin hidup, tanpa Anak Buah Kapal (ABK), Minggu (6/4/2024). Perahu bertuliskan Putri Arum itu bersandar di sisi utara Pulau Nusa Barong.

Perahu jukung tanpa ABK itu, awalnya ditemukan nelayan bernama Ahmadi dan Ali Mukhsin asal Dusun Jeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, yang hendak beristirahat karena angin kencang. Lalu mereka melihat perahu speed itu terdampar tepat di Teluk Penjaringan.

"Saya bersama kawan saya kebetulan ingin berteduh karena angin kencang mas, lalu melihat perahu jenis speed warna kuning terdampar di Teluk Penjaringan," kata Ali Mukhsin.

Baca juga: Kades Semboro Jember Bubarkan Senam Emak-emak, Tim Paslon 1 Akan Lapor Bawaslu

Setelah dilihat beberapa lama tidak muncul ABK, lalu dirinya berinisiatif untuk memberikan informasi kepada nelayan lainnya. 

"Kemudian saya mencari sinyal Handphone untuk mengabari orang di darat, untuk diteruskan ke Satuan Polisi Air yang ada di Dermaga Puger," imbuhnya.

Baca juga: Kades Semboro Jember Bubarkan Senam, Ratusan Emak-emak Meradang

Mendapat informasi itu, KBO Satpolair Polres Jember Aiptu Agus Riyanto menyampaikan, telah menerima laporan itu dari beberapa nelayan, tentang adanya perahu jenis speed tanpa ABK di Nusa Barong. 

\

"Kami mendapat laporan adanya perahu nelayan yang terdampar di pulau Nuso Barong, di titik koordinat -8.457853,113.373127. Kami juga mengidentifikasi siapa pemilik perahu tersebut," terangnya.

Baca juga: Plt Camat di Jember Respons Isu Mobil Plat Merah Pasang Banner Paslon Cabup

Tak lama kemudian, diketahui jika perahu tanpa ABK itu milik H. Sumali warga Dusun Mandaran, Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger Jember. Kini nelayan bersama Tim SAR masih melakukan pencarian.

“Kami sudah berkoordinasi dengan, Basarnas, TNI AL, dan beberapa SAR Lokal," tandasnya. 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Jember

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler