Modus Ban Kempis, Pria asal Blora Bawa Lari Motor Remaja di Ponorogo

Minggu, 06 Okt 2024 17:55 WIB
Reporter :
Ahmad Fauzani
Pelaku penipuan dengan modus ban kempis. (Foto: Humas Polres Ponorogo/jatimnow.com)

jatimnow.com – Seorang pria asal Blora, Jawa Tengah, berinisial RB (30) diringkus polisi usai memperdaya dua remaja di Ponorogo. Pelaku menggunakan modus ban kempis untuk melarikan motor korban.

Aksi RB dimulai dengan memberitahukan kepada korban bahwa ban motornya mengalami kerusakan. Untuk menambah keyakinan, RB bahkan menitipkan sebuah tas ransel hitam kepada teman korban.

Korban, yang tidak menyadari niat jahat pelaku, bersedia mengantar RB untuk membeli ban baru. Setelah berhasil meyakinkan korban, pelaku kembali berpura-pura butuh bantuan dengan alasan sepeda motornya kehabisan bensin. 

Baca juga: Pria di Ponorogo Diringkus Gegara Tebang Pohon Belakang Rumah, Ilegal Logging?

“Pelaku lalu meminta motor korban dengan dalih ingin membeli bensin, namun dia tidak pernah kembali,” kata kata Kasatreskrim Polres Ponorogo, AKP Rudi Hidajanto, Minggu (6/10/2024).

Baca juga: 2 Kelompok Begal Diamankan Polres Lamongan, 1 Pelaku Berusia 13 Tahun

Sepeda motor yang dicuri dari korban kemudian digunakan RB untuk melakukan aksi serupa di beberapa daerah lain, termasuk di Ngawi dan Madiun.

\

Setelah dilakukan penangkapan oleh Satreskrim Polres Ponorogo, diketahui bahwa RB merupakan seorang residivis yang sudah beberapa kali terlibat kasus serupa. Kini, ia harus mempertanggungjawabkan tindakannya di hadapan hukum.

Baca juga: TNI Polri dan Komunitas Trail di Ponorogo Patroli Daerah Rawan Karhutla

“Atas perbuatannya, RB dikenai Pasal 372 KUHP tentang penggelapan, dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara,” jelas AKP Rudi.

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Ponorogo

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler