Menteri AHY Lulus Program Doktor di Unair Surabaya dengan Predikat Cumlaude

Senin, 07 Okt 2024 16:20 WIB
Reporter :
Misbahul Munir
Agus Harimurti Yudhoyono dalam sidang terbuka doktoral (S3) Unair Surabaya. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapatkan predikat cumlaude pada sidang terbuka doktoral (S3) Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, pada Senin (7/10/2024). 

Dalam sidang terbuka tersebut, AHY mempresentasikan disertasinya yang berjudul 'Transformational Leadership and Human Resources Orchestration Towards Indonesia Emas 2045'.

Sidang terbuka dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih. Dalam ujian tersebut AHY dengan lancar dan mantap menjawab seluruh pertanyaan dari 8 dosen dan guru besar yang hadir sebagai penguji disertasinya tersebut. 

Baca juga: Menteri AHY Jalani Ujian Terbuka Doktoral di Unair Surabaya

"Kami nyatakan Promovendus Agus Harimurti Yudhoyono lulus Gelar Doktor dengan predikat Cumlaude,” jelas Prof M Nasich, Senin (7/10/2024).

"Dengan demikian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi menyandang gelar doktor," sambungnya. 

Menurut Nasih, dalam sidang terbuka ini 8 Guru Besar yang bertindak sebagai penguji atau sebagai promotor dan penyangga memberikan nilai memuaskan alias Cumlaude kepada AHY.

Di sisi lain, AHY mengaku bersyukur dapat menyelesaikan studinya tersebut dengan tepat waktu serta mendapatkan nilai yang baik. Ia berharap melalui disertasinya tersebut dapat menjadi referensi serta memberikan manfaat juga memberikan sumbangsih untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan. 

Baca juga: AHY Pastikan Program Kementerian ATR/BPN On The Track di Masa Transisi

Melalui disertasi yang berjudul 'kepemimpinan transformasional dan orkestrasi sumber daya manusia menuju Indonesia emas 2045' itu. AHY mengangkat issu mengenai kepemimpinan transformasional untuk mewujudkan cita-cita atau visi Indonesia emas 2045.

\

AHY percaya bahwa kepemimpinan yang inovatif dan pengelolaan SDM yang terstruktur adalah kunci untuk menghadapi tantangan global di masa mendatang.

"Karena kita ingin Indonesia semakin tumbuh ekonominya makin maju, dan makin sejahtera," ujar Putra Sulung Presiden ke 6 itu. 

Baca juga: 2 Anak Presiden Serahkan Rekom Gus Fawait Bacabup Jember

 AHY menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia untuk terus berupaya meningkatkan kapasitas anak bangsa guna menyongsong masa Indonesia yang lebih baik. 

"Sehingga bonus demografi yang kita miliki tidak sia-sia begitu saja," tegasnya. 

AHY juga berpesan bahwa antara politisi dengan akademisi harus berjalan beriringan, karena menurutnya dalam pengambilan kebijakan harus berdasar pada pendekatan ilmiah. 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Surabaya

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler